Parenting

Kenali Lama Waktu Tidur Si Kecil

By  | 

Tidur merupakan kebutuhan manusia dan lamanya jam tidur yang dibutuhkan berbeda berdasarkan usia masing-masing orang. Saat baru lahir, bayi memiliki waktu tidur yang sangat panjang, tetapi nantinya akan terus berkurang seiring pertambahan usianya. Pola tidur yang diciptakan orangtua juga merupakan faktor penentu kebiasaan tidur anak, lho Mams. Nah, jika Anda bingung, berapa waktu tidur yang diperlukan buah hati Anda, simak gambaran secara umum berikut ya.

Di Bawah Usia 6 Bulan 
Dibutuhkan jam tidur kurang lebih 16 sampai dengan 20 jam sehari. Bayi seumur ini umumnya hanya bangun 2 sampai 3 jam untuk makan. Dan saat bayi memasuki usia empat bulan, ritme tidurnya akan lebih stabil.

Usia 6 -12 Bulan 
Bayi usia ini, biasanya tidur siang selama 3 sampai 4 jam, tidur 11 jam di malam hari dan bayi tidak perlu bangun (di malam hari) untuk makan.

Usia 1-3 Tahun 
Balita umumnya butuh tidur 10 sampai 13 jam, termasuk tidur siang 1 sampai 3 jam. Hindari anak tidur sejenak sebelum jam tidur malamnya, karena nantinya akan membuat Si Kecil sulit tidur.

Usia 3-5 tahun 
Balita seumur ini, butuh tidur 10 sampai 12 jam sehari. Sebenarnya pada usia ini, Si Kecil masih membutuhkan tidur siang, namun jika tidak memungkinkan, anak bisa tidur malam lebih awal.

Hal lain yang perlu diketahui:

  • Jangan khawatir jika anak Anda tidur siang, selama jumlah jamnya tidak berlebihan, hal ini tidak akan mengganggu jam tidurnya di malam hari. Anak yang rajin tidur siang, akan lebih tenang dan nyenyak saat tidur di malam hari.
  • Untuk anak usia tiga tahun ke atas, tidur siang mungkin menjadi pilihan kedua setelah bermain. Untuk mengatasinya, berikan ia buku cerita atau boneka kesayangannya, agar ia dapat bermain tenang dan tidur dengan sendirinya.
  • Menciptakan rutinitas tidur anak tidaklah terlalu sulit, jika anak Anda mulai rewel dan menggosok-gosok matanya, segera letakkan ia di tempat tidurnya. Bagi sebagian anak, musik, cahaya redup, dan mendongeng cerita akan jadi penghantar tidur yang baik.
  • Jika anak kurang tidur, dampaknya, anak akan cepat lelah, kurang konsentrasi, bahkan kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya sekolah. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares