Education

Perlukan Si Kecil Belajar Sempoa?

By  | 

Memiliki anak cerdas memang dambaan setiap orangtua. Usia yang masih dini tetapi sudah bisa membaca, menulis, serta berhitung, tentu suatu kelebihan luar biasa bagi anak.  Tak heran, banyak orangtua sudah mulai ‘mencuri’ start demi masa depan buah hatinya. Sebagian orangtua sudah mulai memberi pendidikan non formal, salah satunya adalah mempelajari hitung menghitung (aritmatika), atau lebih dikenal dengan sempoa.  Sempoa, yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai abacus, adalah sebuah alat hitung kuno yang terbuat dari rangka kayu dengan manik-manik yang bisa digeser-geserkan. Sempoa sudah dipakai di negeri China sejak tahun 2400 SM. Dengan alat ini, yang konon merupakan kalkulator awal umat manusia, kecepatan dalam menyelesaikan hitungan-hitungan aritmatika dapat meningkat dengan pesat.

Dengan sempoa, pikiran akan terlatih untuk berkonsentrasi. Daya konsentrasi ini akan melatih operasi dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Anda boleh-boleh saja memperkenalkan sempoa pada balita Anda. Namun, bila memang ia tampak belum tertarik, Anda tak perlu memaksanya ya, Mamas. Tapi ada baiknya Anda mengetahui manfaat dari sempoa:
1. Merangsang perkembangan otak kiri dan otak kanan secara seimbang.
2. Melatih Si Kecil berhitung cepat dan tepat. Anak yang berlatih sempoa dapat melakukan dengan cepat dan tepat karena ia menghitung dengan membayangkan posisi biji sempoa.
3. Dengan kemampuan berhitung yang baik, Si Kecil akan merasa lebih siap dan percaya diri menghadapi pelajaran di sekolah. 
4. Sempoa juga melatih kedisiplinan, kejujuran, kesabaran, kerajinan, ketekunan, kerjasama, komunikasi, kemandirian, dan sportivitas.

Jadi secara keseluruhan manfaat dari sempoa adalah melatih fungsi otak, melatih daya ingat, logika, menumbuhkan rasa percaya diri, dan menumbuhkan minat anak pada matematika. Bagaimana, Mamas, berniat mengikutsertakan ia kursus sempoa? (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares