Health

7 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

By  | 

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh manusia yang tampak secara kasatmata. Oleh karena itu, bila kulit Anda tampak kusam atau tak cerah, maka akan jelas terlihat, bukan, Mams? Nah, kebersihan dan kesehatan kulit ini selain dipengaruhi faktor genetik, juga dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup sehari-hari. Dengan mengonsumsi makanan tepat, maka Anda bisa memberikan nutrisi terbaik untuk kulit, termasuk mencegahnya berjerawat, meminimalisasi timbulnya keriput, serta memberikan efek ‘bercahaya’. Lalu makanan apa saja yang baik untuk kulit Anda? Smart Mama akan berikan daftarnya ya, Mams.

1. Buah-buahan tropis. Konsumsi buah-buahan yang tinggi vitamin C seperti jambu biji, nanas, pepaya, atau kiwi mampu melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang bisa memberi efek negatif pada kulit. Vitamin C juga bisa membantu tubuh memproduksi kolagen, yaitu protein yang bisa membuat kulit tetap elastis dan kenyal.

2. Brokoli. Ternyata sayur berwarna hijau tua ini kaya antioksidan, termasuk vitamin C dan E. Sama seperti manfaat vitamin C dalam buah-buahan tropis tersebut, vitamin C dalam brokoli juga meningkatkan produksi kolagen yang bisa menjaga kesehatan kulit dan vitamin E bisa melindungi dari radiasi sinar UV.

3. Almond. Kacang satu ini kaya akan vitamin E yang baik untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Tapi karena kandungan kalori dalam kacang almond cukup besar, maka Anda jangan terlalu sering-sering juga mengonsumsinya ya. Untuk mengimbangi kalorinya, Anda bisa tambahkan almond dalam sereal, yogurt, atau salad.

4. Wortel. Penjaga kesehatan kulit lain yang baik untuk Anda konsumsi adalah sayuran berwarna oranye ini. Mengandung vitamin A dan beta karoten yang bisa membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak secara alami dengan perawatan dari dalam tubuh. Anda bisa mengunyah wortel secara mentah, dikukus, atau dibuat jus sesuai selera.

5. Roti dan pasta gandum. Memiliki kandungan mineral bernama selenium yang bisa melindungi kulit dari paparan buruk lingkungan sekitar, seperti polusi dan sinar matahari yang terik. Dua jenis makanan ini bisa meningkatkan kesehatan kulit dan menjaga kelembapannya.

6. Biji labu kering. Biji labu kering atau dikenal sebagai camilan ringan kuaci ini kaya akan seng. Mineral ini mampu mempercepat proses pertumbuhan kulit yang baru. Campurkan ke dalam oatmeal atau yogurt untuk rasa lebih lezat.

7. Ikan. Beberapa jenis ikan seperti salmon, hering, makarel, dan sardine kaya akan asam lemak omega-3 yang mampu meminimalisasi risiko kita terkena kanker kulit. Untuk lebih memaksimalkan mandelofaatnya, konsumsi ikan ini dengan cara dikukus atau dibakar dengan olesan olive oil ya. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares