Education

Trik Ajarkan Si Balita Menulis

By  | 

Memasuki usia tiga tahun, Si Kecil sudah mulai mampu memegang pensil, pulpen, ataupun spidol meski belum sempurna. Ia pun memulai ‘tulisan’ dengan membuat coretan-coretan di kertas, tembok, atau bahkan di lantai rumah Anda. Seiring pertumbuhan usianya, kemampuan Si Balita memegang alat tulis menjadi lebih baik dan ia pun dapat menulis dengan rapi. Kemampuan ini merupakan salah satu ciri perkembangan motorik halus anak usia 3 – 5 tahun. Untuk menstimulasi kemampuan menulis Si Kecil, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Buat garis. Ajak ia membuat garis horizontal (tanda minus / ‘-‘) dan minta ia menulikannya secara berurutan ke bawah. Selanjutnya, saat Si Kecil sudah lancar melakukannya, minta ia membuat garis vertical (tanda ‘I’) dan menuliskannya secara berurutan ke bawah.
  2. Menebalkan gambar. Mengajarkan Si Kecil menulis bukan berarti memaksanya membuat rangkaian abjad. Anda bisa memulainya dengan mengajak Si Kecil menebalkan sebuah gambar terlebih dahulu. Berikan buku bergambar objek favorit Si Kecil, lalu arahkan ia untuk menebalkan gambar tersebut.
  3. Meniru bentuk. Pada usia 3 – 4 tahun Si Kecil sudah bisa meniru bentuk dan ini sangat baik untuk menstimulasi kemampuan menulisnya. Ajari ia membuat bentuk sederhana, seperti lingkaran atau segitiga, misalnya. Setelah Si Kecil mampu melewati tantangan tersebut, berikan bentuk yang lebih sulit kepadanya.
  4. Mengikuti garis. Setelah Si Kecil mampu membuat garis, menebalkan gambar dan meniru bentuk, ajak ia membuat suatu objek dengan mengikuti garis putus – putus. Selain dapat menstimulasi kemampuan menulisnya, kegiatan ini juga baik untuk melatih kesabaran dan ketekunan Si Kecil.

Lakukan semua trik ini dengan sabar ya, Mams. Karena di usianya sekarang ini, yang ada di pikiran Si Kecil hanyalah bermain, bermain, dan bermain. Jadi, buat suasana yang menyenangkan agar ia dengan senang hati mau melakukannya tanpa merasa terpaksa. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares