Career

Tip Sukses Bisnis Bersama Saudara

By  | 

Mamas, para saudara kandung adalah orang yang paling tahu diri Anda. Oleh karena itu banyak orang yang memutuskan membangun bisnis bersama saudara mereka dan sukses melakukannya. Contohnya, perusahaan Djarum yang dibangun kakak beradik Hartono hingga kini masih menuai sukses dan melakukan pengembangan bisnis sampai dapat merambah berbagai usaha lain. Namun tidak sedikit juga yang gagal akibat adanya sibling rivalry atau ikut campurnya orang luar seperti pasangan masing-masing. Nah agar Anda bisa sukses menjalani bisnis bersama para saudara kandung, lakukan tip berikut:

  1. Tentukan peran berdasarkan keahlian. Sejak awal Anda dan kakak atau adik Anda, sudah harus menentukan bidang masing-masing sehingga peranan Anda berdua jelas. Contohnya kakak beradik Walt dan Roy Disney, pendiri Disney Company, sejak awal Walt berperan sebagai tim kreatif penentu visi dan misi perusahaan serta membentuk dan menumpahkan imajinasinya dalam menciptakan perusahaan tersebut. Sementara Roy bertindak sebagai pembuat budget, marketing plan, dan segala hal yang berkaitan dengan operasional serta profit. Pasangan kakak beradik ini bekerjasama secara sinergis sehingga Disney Company menjadi besar.
  2. Komunikasikan ekspektasi masing-masing. Hal ini juga penting, tiap pihak harus menentukan ekspektasi dari perusahaan serta ekspektasi pada pihak lain. Dan jangan lupa segala hal tersebut akan keluar sebagai perjanjian tertulis sehingga jelas dan Anda berdua dapat bekerja dengan mengacu pada perjanjian tersebut.
  3. Membuat keputusan bersama. Segala sesuatu yang menyangkut perusahaan harus diputuskan Anda berdua. Jadi pastikan apapun yang terjadi harus disetujui dan ditandatangani bersama. Megan dan Bridget Torregrossa yang memiliki usaha branded bags mengatakan bahwa mereka selalu membuat kesepakatan sebelum memutuskan sesuatu untuk perusahaan. Hal tersebut mereduksi rasa saling curiga serta memimalisasi kemungkinan konflik.
  4. Hindari menceritakan rahasia maupun konflik perusahaan pada pasangan masing-masing. Memang sih Anda kerap bercerita tentang apapun pada suami. Tetapi Mams, be wise, tidak semua hal apalagi rahasia perusahaan harus Anda ceritakan. Apalagi jika ada perbedaan pendapat antara Anda dan saudara perihal perusahaan. Pasalnya, pasangan Anda mungkin saja mengerti tentang bisnis tetapi ia tidak mengetahui visi misi serta tidak mengikuti awal berdirinya perusahaan Anda dan saudara kan? Disamping itu bisa jadi pasangan juga cenderung membela Anda dan imagenya tentang saudara Anda jadi berubah. Hal tersebut sangat tidak adil untuk saudara Anda. Oleh karena itu, jika ada permasalahan selesaikan saja secara internal. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares