Mind

Apakah Anda Seorang Pregzilla?

By  | 

Anda tentu pernah mendengar istilah bridezilla, julukan bagi calon pengantin yang kerap khawatir pesta pernikahannya nanti tidak berjalan sesuai keinginan. Ia sangat perfeksionis dalam mempersiapkan pesta pernikahannya hingga orang di sekelilingnya cukup stres akibat melayani berbagai macam keinginan dan kekhawatirannya yang berlebihan. Nah ternyata fenomena ini juga dialami wanita hamil, lho. Beberapa calon mamas sangat terobsesi dengan kehamilan sempurna, mulai dari menjaga kesehatan dengan berlebihan hingga pesta baby shower yang harus super perfect. Akibatnya, pasangan dan orang-orang terdekat menjadi bingung dan lelah menghadapi Anda. Seperti apakah ciri-ciri pregzilla dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak!

  • Kerap menceritakan seputar kehamilan pada banyak orang. Anda seringkali membicarakan kehamilan, mulai dari morning sickness hingga ngidam Anda, bahkan pada orang-orang yang baru Anda kenal sekalipun. Saat berkumpul dengan sahabat, Anda mendominasi pembicaraan yang lagi-lagi tentang kehamilan. Begitu juga dengan pasangan, Anda sudah tidak lagi fokus pada pasangan, konsentrasi Anda hanya pada kehamilan.
    Yes Mamas, tentu Anda bahagia dengan anugrah kehamilan yang Anda dapatkan. Tetapi Mams tidak semua orang merasakan apa yang Anda rasakan. Apalagi jika teman atau rekan kerja Anda belum pernah hamil. Lama-lama orang yang tadinya ikut bahagia atas kehamilan Anda akan merasa bosan lho Mams. Begitu juga dengan pasangan, bukannya ia tidak bahagia dengan kehamilan Anda, namun sesekali Anda berdua perlu juga kan membahas hal lain selain hal tersebut.
  • Sering mengunggah tentang update kehamilan di sosial media. Yang satu ini juga merupakan ciri-ciri pregzilla.
    Anda kerap update seputar kehamilan mulai dari foto hasil USG, foto selfie Anda saat perut mulai membuncit, kemudian ungkapan rasa bersyukur. Setiap kunjungan ke dokter kandungan juga Anda posting.
    Memang sih postingan di sosial media adalah hak pribadi Anda. Tetapi bukan berarti Anda memgumbar apapun secara berlebihan kan. Posting sekali dua kali memang wajar namun jika sehari Anda bisa posting tentang kehamilan hingga 4-5 kali, teman-teman Anda pasti merasa jemu ya. Coba Anda isi waktu luang dengan mencari nama bayi atau mendengarkan musik sehingga Anda tidak tergoda untuk terus menerus posting.
  • Perfect, perfect dan perfect. Smart Mama juga tidak menyarankan Anda mengonsumsi makanan kurang sehat seperti junk food saat hamil, namun Anda juga tidak perlu berlebihan sehingga hanya makan sayuran saja sepanjang hari. Akhirnya Anda menjadi tidak santai dan terobsesi agar kehamilan Anda berjalan sempurna, Anda tetap kurus bak model serta ekspektasi yang terlalu tinggi misalnya pesta baby shower harus sempurna juga kamar bayi Anda. Jalani saja dengan fun dan relaks Mams sehingga Anda sendiri tidak perlu tegang dan orang-orang di sekeliling Anda bisa menarik napas lega. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares