Health

Sofia Vergara : Terobsesi pada Kesehatan Gigi

By  | 

Mungkin tak banyak dari Anda yang tahu bahwa aktris dan model seksi Sofia Vergara ternyata adalah calon dokter gigi! Sebelum menjalani karier sebagai entertainer, ternyata wanita kelahiran 10 Juli 1972 ini sebetulnya hanya butuh dua semester lagi untuk lulus dari jurusan kedokteran gigi di negeri asalnya, Kolombia. Tapi pemeran Gloria Delgado-Pritchett dalam serial terkenal Modern Family itu, belum melupakan ketertarikannya pada segala hal yang berkaitan dengan organ tubuh satu itu. Karena itulah, mama dari satu anak ini mengutamakan kesehatan gigi dan mulut dalam kehidupannya.

“Saya terobsesi pada semua hal yang berkaitan dengan kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut. Bahkan anak saya berpikir saya gila karena menyuruhnya untuk membersihkan gigi (scaling) setiap tiga bulan sekali seperti yang selalu saya lakukan,” kata Sofia dalam sebuah wawancara dengan majalah People.

Sofia melanjutkan, bagi sebagian besar orang memang akan berpikir, untuk Anda rutin memeriksakan kesehatan gigi tiap tiga bulan sekali. Hal ini hanya baik untuk mereka yang memang punya masalah kesehatan gigi, gusi, dan mulut saja, bukan?  “Sekalipun Anda berpikir bahwa sehari-hari Anda sudah rutin menyikat gigi, itu belum cukup. Anda harus memiliki jadwal kunjungan regular ke dokter gigi,” tambahnya.

Sebetulnya, saran dari Sofia ini memang baik untuk kita lakukan ya, Mamas. Pasalnya, banyak manfaat yang didapat dari pemeriksaan rutin ke dokter gigi, yaitu:
1. Segala hal yang berkaitan dengan masalah kesehatan gigi dan mulut akan lebih mudah diatasi dan harganya lebih murah jika diketahui di tahap awal. Anda mungkin tidak bisa menduga penyakit gigi Anda, tapi dokter gigi bisa melihat gejalanya sehingga bisa membantu Anda mencari solusinya.
2. Karang gigi, plak, dan noda di gigi karena kopi, teh, atau rokok tak bisa hilang hanya dengan menyikat gigi atau memakai obat kumur semata. Anda tetap membutuhkan bantuan dokter untuk membersihkan seluruh permukaan gigi dari semua hal penyebab bau mulut ini.
3. Pemeriksaan rutin juga berguna sebagai skrining awal kanker mulut. Penyakit ini tak lagi menyerang Anda yang perokok atau sudah berusia paruh baya saja lho. Jadi tak ada salahnya mulailah pemeriksaan rutin setidaknya tiap enam bulan sekali. (Lenny Delima/Photo: Various)

 

 

 

Shares