Education

Belajar Membaca dengan Cara Menyenangkan

By  | 

Mams, mengajari anak membaca memang tidaklah mudah ya. Diperlukan cara dan tip khusus agar acara belajar terasa lebih menyenangkan. Apalagi di usia balita, anak-anak lebih suka bermain. Agar acara belajar terasa menyenangkan berikut Smart Mama berikan trik untuk Mamas.

1. Belajar sambil bernyanyi. Salah satu cara belajar membaca yang paling menyenangkan adalah sambil bernyanyi. Anda cukup mengajari Si Kecil membaca alphabet dari huruf A sampai Z dengan cara dinyanyikan. Dengan metode ini Si Kecil pasti akan merasa senang.

2. Mengajari membaca melalui media elektronik. Di internet banyak sekali video tentang cara belajar untuk balita, mulai dari angka hingga alphabet. Belajar membaca disertai permainan bergambar juga dapat menarik perhatian dan minat Si Kecil lho. Misalnya huruf A bergambar buah apel, huruf B bergambar bunga, dan seterusnya. Belajar dengan cara ini akan membuat Si Kecil tidak bosan.

3. Sambil bercerita. Cara lainnya adalah menggunakan buku cerita dan buat Si Kecil tertarik dengan cerita tersebut. Anda bisa pilih beberapa buku cerita dengan karakter binatang. Dengan begitu Si Kecil akan lebih senang membaca sekaligus belajar untuk membaca.

4. Membaca setiap hari. Agar acara membaca tidak membosankan, Anda bisa atur cara paling efektif. Belajar membaca setiap hari akan membantu ia mengenal huruf maupun angka lebih cepat. Meski begitu, sebaiknya proses belajar jangan terlalu lama agar Si Buah Hati dapat fokus. Waktu yang dapat diberikan antara kisaran 15-20 menit. Tak hanya itu, pahami juga mood Si Kecil. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan kehendak Anda. Ketika mood Si Kecil kurang baik, alihkan terlebih dahulu dengan mengajaknya bermain.(Yosi Avianti/LD/Photo: Rici Linde)

Shares