Health

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

By  | 

Selama ini Anda pasti tahu bahwa wortel adalah makanan yang baik untuk mata Anda, bukan? Mungkin sejak kecil, Ibu Anda sudah ‘menjejali’ asupan sehari-hari Anda dengan sayuran berwarna oranye ini. Mulai dari dibuat sop, tumis campur, hingga jus yang menyegarkan. Padahal sebetulnya masih banyak makanan lain yang baik untuk kesehatan mata kita lho, Mamas. Berikut Smart Mama berikan rekomendasinya untuk Anda.

1. Ikan. Salmon, tuna, sarden, dan makarel adalah makanan yang kaya akan omega 3 dan bisa membantu mencegah mata kering dan katarak. Tapi bila Anda alergi makanan laut, ganti sumber omega 3 ini dengan suplemen minyak ikan atau suplemen minyak rami.
2. Sayuran berdaun hijau. Bayam, brokoli, kale, dan kacang polo kaya akan antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu meminimalisasi risiko katarak.
3. Telur. Vitamin dan nutrisi dalam telur termasuk lutein mampu melindungi mata dari kebutaan dan mencegah mata kering.
4. Gandum utuh. Konsumsi makanan dengan kandungan low glycemic index akan membantu mengurangi risiko Anda mengalami degenerasi makula, yaitu sebuah penyakit serius pada retina mata, yang terjadi karena faktor usia tua (lebih dari usia 65 tahun). Makanan tersebut antara lain beras merah, pasta, dan oats.
5. Buah sitrus dan berries. Termasuk di dalamnya adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, stroberi, cranberi, dan blueberi. Buah-buahan ini tak hanya kaya vitamin C, tetapi juga mampu melindungi mata dari risiko katarak dan degenerasi makula.
6. Kacang-kacangan. Pistasio, almond, dan walnut merupakan jenis kacang yang disukai banyak orang tapi juga berasa lezat ya. Selain kaya asam lemak omega 3, camilan ini pun tinggi vitamin E yang bisa menjaga kesehatan mata.
7. Aneka buah dan sayuran berwarna. Kurangi risiko beragam penyakit mata dengan makan buah dan sayur yang mengandung karoten (zat yang memberi warna kuning, oranye, dan merah pada sayur dan buah), seperti tomat, labu, jagung, stroberi, dan sudah pasti wortel.
8. Daging sapi tanpa lemak. Mengandung mineral seng yang akan membantu tubuh mengabsorsi vitamin A, yang memiliki peranan untuk mengurangi penyakit degenerasi makula. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares