Mind

Tak Lagi Egois dengan Cara Ini  

By  | 
Tanpa disadari terkadang Anda sering menjadi orang yang egois, bukan? Seseorang yang egois mungkin mampu menjadi pusat perhatian, tetapi bisa jadi ia adalah mimpi buruk bagi orang lain. Ini karena seseorang yang egois cenderung memancarkan energi negatif yang tidak menyenangkan. Tentunya Anda tidak mau kan jadi orang yang memberi pengaruh negatif bagi lingkungan? Jadilah orang yang tak egois dan lebih peduli dengan beberapa cara berikut:
  1. Perhatikan lawan bicara. Salah satu cara termudah menjadi seseorang yang tak egois adalah dengan memerhatikan orang lain. Jangan hanya fokus pada diri sendiri, coba amati respons orang lain terhadap sikap Anda. Perhatikan nada bicara mereka termasuk bahasa tubuh yang digunakan saat berinteraksi dengan Anda. Dengan begitu, lawan bicara akan merasa lebih nyaman ketika berinteraksi dengan Anda.
  2. Tunjukkan kepedulian. Bila Anda sudah tak ingat kapan terakhir kalinya Anda berbuat baik pada orang yang dicintai, berarti sudah waktunya untuk melakukannya kepada mereka. Tidak perlu melakukan sesuatu yang mewah. Hal sederhana seperti menelepon ke orang tua untuk menanyakan kabar, memasak makanan favorit pasangan, atau menelpon sahabat untuk menanyakan kabar sudah dapat menunjukkan kepedulian
  3. Kenali sekitar. Berapa banyak orang yang Anda kenal di lingkungan sekitar tempat tinggal dan kantor? Jangan-jangan hingga kini Anda masih belum mengetahui nama rekan kerja yang duduk di sebelah atau tetangga di depan rumah nih. Itu bukan kebiasaan yang baik, Mams. Cobalah lebih mengenal orang-orang yang ada di sekitar. Ini akan menunjukkan rasa terbuka dan peduli dengan orang lain sehingga Anda akan terlihat sebagai seseorang yang ramah dan menyenangkan.
  4. Jangan pamer. Tak ada yang salah dari merasa bangga atas kesuksesan yang telah dicapai. Namun, hati-hati dalam melakukan hal itu. Karena seringkali, rasa bangga Anda malah akan memberikan kesan pamer dan sombong. Jadilah seseorang yang lebih sederhana dengan tidak terus-menerus membahas keberhasilan Anda di depan orang lain. Orang lain lebih menyukai seorang yang tetap rendah hati meski telah mencapai banyak hal dalam hidupnya.
  5. Jadi relawan. Salah satu cara melatih kepedulian bisa dengan mencoba menjadi seorang relawan. Hal ini dapat membuka diri untuk melihat bahwa ada hal-hal penting di dunia ini selain kehidupan Anda diri sendiri, Mams. Waktu dan usaha yang dihabiskan untuk membantu orang lain akan membuat Anda menjadi lebih terbuka dan penuh kasih sayang. Tidak hanya itu, menjadi relawan juga mampu membuka mata ke dunia baru yang dapat menginspirasi Anda. (Tammy/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares