Career

5 Kesalahan Wanita dalam Berkarier

By  | 

Pada dasarnya seorang wanita memiliki kemampuan dan kapasitas sama dengan pria di dunia kerja. Ia juga dapat mencapai posisi top level management dalam berkarier. Namun sayangnya, lima kesalahan berikut seringkali membuat seorang wanita gagal mencapai puncak karier atau menghambat kenaikan jabatan. Apa saja kesalahan tersebut? Yuk simak agar kita semua terhindar dari kesalahan tersebut.

  1. Ingin disukai semua orang. Seorang wanita memang terbiasa mengurus segala sesuatu dan terlahir lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Anda cenderung ingin menyenangkan semua orang. Hal tersebut tentu saja sulit diterapkan di tempat kerja dan berakibat profesionalisme Anda jadi berkurang. Tak ada salahnya
    bersikap tegas selama Anda berada di koridor yang benar dan dengan 
    cara sopan. Tidak perlu memikirkan apakah orang suka ataupun tidak, yang penting pekerjaan Anda berjalan baik. Anda juga harus menyadari di manapun Anda berada, sebaik apapun sikap Anda, akan selalu ada orang yang tidak menyukai Anda dan hal tersebut bukan urusan Anda.
  2. Menangani semua pekerjaan untuk menunjukkan kapabilitas Anda. Tak ada salahnya sih mengambil semua pekerjaan yang dibebankan pada Anda. Asalkan Anda masih sanggup menjalaninya. Jika pada akhirnya Anda malah sulit fokus dan kewalahan sampai tidak punya waktu untuk keluarga, jangan ragu bicara pada atasan, daripada performance Anda justru menurun kan.
  3. Salah mengirim sinyal.  Seorang wanita seringkali melakukan body language yang salah saat sedang gugup menghadapi atasan atau melakukan presentasi. Ia kerap tertawa kecil atau sering menyibakkan rambut yang pada akhirnya sering ditanggapi salah oleh rekan kerja maupun klien pria sebagai gerakan flirty. Oleh karena itu, segera perbaiki sikap Anda dengan mencoba tenang kala ada hal yang penting. Pastikan sikap Anda profesional dan tidak menunjukkan gejala ingin mencari perhatian pria secara seksual.
  4. Cenderung pasif.  Salah satu kesalahan yang juga sering dilakukan wanita dalam berkarier adalah sungkan  menonjolkan diri. Padahal jika Anda memang berkemampuan dan ahli dalam sebuah bidang, tunjukkan pada orang-orang yang tepat.
  5. Sulit mengontrol emosi. Kondisi emosi wanita memang kerap naik turun, contohnya saat PMS seorang wanita cenderung lebih mudah tersinggung dan jadi pemarah. Hal tersebut dapat memengaruhi profesionalitas Anda lho Mams. Segera temukan cara meredam emosi Anda di kantor, misalnya dengan mendengarkan musik atau rehat sejenak di pantry, lalu Anda mulai berkomunikasi lagi dengan rekan kerja. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares