Health

Q&A : Apa itu Vegetarian Diet?

By  | 

Q: Setelah melahirkan hingga saat ini saya belum juga bisa berhasil menurunkan ‘utang’ kenaikan berat badan saat hamil sebanyak 12 kg. Padahal, saya sudah menjalani berbagai macam diet dan hanya turun sekitar 1-2 kg. Apakah ada diet yang bisa membantu saya menurunkan bobot lebih banyak?
Sasti, 30 tahun, mama dari Kila 1,5 tahun

A: Memang untuk mencapai berat badan ideal, selain olahraga secara teratur, Anda bisa melakukan diet. Dari berbagai macam jenis diet yang ada sekarang ini, diet sayuran atau disebut juga dengan nama vegetarian diet atau vegan diet merupakan salah satu yang paling banyak diminati. Diet jenis ini hanya memperbolehkan Anda mengonsumsi sayur dan buah saja. Berikut adalah daftar sayuran yang baik Anda konsumsi.

Brokoli. Mengandung 60 % karbohidrat, 40 % protein, mineral, vitamin E, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan selenium. Dari kandungannya, jelas sudah mencukupi kebutuhan karbohidrat Anda di siang hari.

Bayam. Biasa digunakan sebagai bahan makanan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, bayam memiliki kandungan vitamin A, C, E, K, B6, serta kaya akan serat.

Kacang dan wortel. Kacang-kacangan memiliki kandungan protein tinggi dan juga serat untuk membantu diet. Sedangkan wortel mempunyai kandungan vitamin A, K, C, dan mineral tinggi.

Paprika. Dapat mengisi asupan kalori yang cukup untuk tubuh. Paprika juga mengandung vitamin C yang tinggi.

Untuk buah-buahan, Anda bisa mengonsumsi semua buah yang Anda suka, karena pada dasarnya semua buah-buahan memiliki kandungan nutrisi dan gizi hampir setara dengan sayuran. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares