Health

6 Jenis Minuman Sehat untuk Calon Mama

By  | 

Seperti juga dalam hal makanan, Anda juga harus hati-hati terhadap minuman yang diasup selama kehamilan ya, Mams to be. Anda tentu sadar bahwa sementara Anda tidak boleh lagi minum alkohol dan ‘teman-temannya’ karena hal ini berbahaya bagi janin. Meskipun demikian, bukan berarti Anda hanya boleh minum air mineral saja kok. Berikut enam jenis minuman sehat yang baik untuk para calon mama.

1. Air putih. Saat hamil kebutuhan air putih Anda meningkat dibandingkan sebelum hamil. Setidaknya Anda harus minum 2-2,5 liter air setiap hari untuk membuat Anda tetap terhidrasi. Tak hanya itu, manfaat air putih untuk wanita hamil adalah membantu menghalau mood swings dan membuat Anda tetap berenergi. Demikian menurut Deepshika Agarwal, sports nutritionist and dietitian dari Mumbai, India.

2. Smoothies. Minuman satu ini tidak hanya sehat namun juga lezat. Susu dan buah yang diblender hingga halus ini merupakan sumber kalsium, protein, serta serat yang baik untuk tubuh Anda. Salah satu resep smoothie yang bisa Anda buat adalah pisang, stroberi, dan mangga ditambah fresh milk. Dan ingat ya, Mams, smoothie ini haruslah home made untuk menjamin kebersihan dan kualitas buah dan susu yang digunakan.

3. Jus buah campur. Anda yang kurang suka minum susu, mungkin bisa minum jus buah campur saja. Kuncinya Anda harus kreatif membuat perpaduan rasa buah untuk menciptakan jus yang segar sekaligus sehat. Ingat, jangan ditambah gula ya, karena itu campur buah yang manis dengan yang sedikit asam. Misalnya apel merah dicampur dengan cranberi.

4. Jus sayuran. Siapa bilang hanya buah saja yang bisa dijadikan jus? Sayuran pun bisa dan rasanya tak kalah enak lho dengan jus buah. Buktikan sendiri deh dengan membuat jus bayam plus daun mint atau wortel plus kailan murni tanpa tambahan gula juga ya.

5. Air kelapa. Minuman yang cukup populer di negara tropis termasuk Indonesia ini sangat bermanfaat untuk Anda. “Air kelapa mengandung elektrolit alami yang baik untuk wanita hamil karena bisa mencegah tubuh mengalami dehidrasi,” ujar Deepshika.

6. Lemonade. Pelepas dahaga di hari yang panas ini juga boleh Anda minum, Mamas to be. Tapi takarannya harus pas agar zat asamnya tetap aman untuk kehamilan. Peras setengah buah lemon atau jeruk nipis ukuran sedang lalu masukkan dalam segelas air dingin. Campurkan dengan gula atau garam secukupnya sesuai selera masing-masing. Super fresh! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares