Interior Design

Tip Membuat Rumah Pohon untuk Si Kecil

By  | 

Mamas, setiap anak pasti mendambakan space bermain pribadi sebagai sarana untuk mengembangkan fantasi serta kreativitasnya. Nah jika lahan tempat tinggal Anda memungkinkan, tak ada salahnya Anda membuatkan rumah pohon yang aman dan nyaman baginya. Pasti Si Kecil bersemangat menjadikan tempat tersebut untuk beraktivitas seru. Tapi sebelum Anda membuatnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu

  • Pilih Pohon yang tepat. Pohon yang ideal untuk rumah pohon adalah pohon cemara, apel atau pohon ek. Namun tidak menutup kemungkinan pohon lain juga bisa, tetapi pastikan pohon tersebut memiliki akar dan batang yang kuat. Bila perlu Anda panggil ahli tanaman untuk memastikan kekuatan pohon. Pastikan pohon tersebut dalam kondisi sehat atau tidak ada parasit yang dapat menganggu kekuatan pohon.
  • Info pada lingkungan. Yang satu ini juga penting lho Mams, agar para tetangga mengetahui perihal pembangunannya dan mengizinkan Anda melakukannya. Hal ini juga berkaitan dengan suara bising yang mungkin Anda timbulkan, serta privasi tetangga karena bisa jadi pohon Anda berbatasan langsung dengan rumah mereka.
  • Memilih desain yang tepat. Anda dapat browsing di internet atau membeli buku desain tree house. Setelah memilih beberapa model yang Anda dan Si Kecil sukai segera aplikasikan mini modelnya menggunakan styrofoam  atau kardus. Dengan begitu Anda akan lebih mudah melihat bentuknya dan akan mengetahui desain mana yang paling cocok bagi Si Kecil. Yang harus Anda perhatikan, desain yang Anda pilih wajib mengikuti atau memberi ruang pada pertumbuhan pohon
    yang digunakan.
  • Tentukan penyangga dan akses. Pilih penyangga seperti balok dan siku yang paling aman ] untuk Si Kecil serta bagi Si Pohon itu sendiri. Pilih juga akses yang aman dan praktis, contohnya tangga yang memiliki pegangan. Bisa juga dengan tangga tali namun ini terlalu riskan membuat anak bisa jatuh.
  • Hindari posisi yang terlalu tinggi. 1,5-2 meter adalah posisi  tepat untuk membangun rumah pohon. Apalagi jika nantinya banyak anak-anak yang bermain di dalamnya. Pastikan juga Anda meletakkan ambalan lembut di sekitar rumah pohon sehingga in case ada yang terjatuh akan mendarat di permukaan  lembut.

tree house interior1

  • Interior yang hangat. Agar Si Kecil dan teman-temannya merasa betah bermain di dalam rumah pohon, pilih interior design yang ramah anak. Gunakan lantai kayu atau parket, tidak perlu terlalu banyak barang, dan pilih furnitur serta dekorasi berwarna terang untuk menghindari nyamuk.
  • Rajin fogging. Tinggal di tempat tropis memang rentan terhadap serangga yang dapat memengaruhi kesehatan Si Kecil seperti nyamuk atau lalat. Maka dari itu, Anda wajib melakukan fogging secara berkala. Dan juga rajin membersihkan rumah pohon untuk menghindari sarang serangga dan debu. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various)

 

 

Shares