Mind

Alasan Mengapa Anda Harus Punya Me Time di Kantor

By  | 

Sebagai seorang wanita karier, Anda pasti pernah dilanda hectic karena harus menyiapkan presentasi sambil tetap mengejar target-target pekerjaan sehingga lupa untuk memiliki ‘me time’ sejenak. Padahal ‘menghilang sementara’ dari rutinitas pekerjaan di kantor memiliki manfaat untuk kesehatan dan karier Anda lho, Mamas. “Me time yang berkualitas  bisa meningkatkan konsentrasi, produktivitas, dan membantu Anda menyelesaikan masalah dengan lebih efektif,” demikian kata Sherrie Bourg Carter, PsyD, seorang psikolog dan ahli manajemen stres dan penulis buku High Octane Women: How Super Achievers Can Avoid Burnout.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Birkbeck University of London, juga mengatakan wanita karier yang rutin melakukan ‘me time’ akan menikmati kehidupan pribadi sekaligus pekerjaan yang lebih baik. Apa saja alasan lain yang membuat Anda sebaiknya punya ‘me time’ di kantor? Ini dia.

1. Memudahkan Anda untuk bekerja lebih cepat. Menyendiri artinya Anda akan terbebas dari gangguan orang lain dan lingkungan sekitar yang membantu untuk berkonsentrasi sehingga pekerjaan pun selesai lebih cepat. Setelah semua list pekerjaan hari itu usai, ambillah waktu sejenak, sekitar 5-10 menit untuk sekadar mendengarkan musik dengan tenang tanpa gangguan apapun. Kalau perlu, matikan dahulu handphone Anda ya.

2. Membuat Anda lebih kreatif. Percaya atau tidak, meluangkan waktu untuk ‘me time’ akan membuat Anda lebih kreatif dalam pekerjaan. Ini karena Anda tidak monoton hanya mengerjakan hal yang sama terus-menerus. ‘Me time’ akan membantu ‘membuka’ otak Anda sehingga ide-ide cemerlang bisa mengalir.

3. Membantu menjadi pribadi yang lebih tegas. “Ketika Anda menjadi bagian dari sebuah perkumpulan, maka Anda akan menjadi orang yang mengikuti ‘suara terbanyak’ dalam berpikir atau bertindak, walaupun sebetulnya mungkin bukan itu yang Anda inginkan. Nah, jika Anda terbiasa memiliki ‘me time’, maka ada saatnya Anda menjadi percaya diri dan tak lagi bergantung pada banyak orang dalam mengambil keputusan, termasuk di kantor,” kata Carter.

4. Membantu menyelesaikan masalah. Ketika Anda tengah menghadapi masalah, biasanya Anda tentu menceritakan pada orang terdekat, sehingga solusi yang ditawarkan pun adalah ide dari banyak orang. Namun tidak bila Anda membiasakan diri untuk ‘me time’. Menyendiri dari hal-hal di luar Anda perlahan-lahan akan memberi efek positif untuk Anda mampu melihat sebuah problema dan mencari solusinya dari sudut pandang diri sendiri saja.

5. Membuat Anda lebih menghargai rekan kerja. ‘Me time’ memang berarti sendiri, tanpa orang lain. Tapi, sebagai mahluk sosial memang Anda pasti membutuhkan manusia lain, termasuk rekan kerja. “Anda akan semakin menghargai hubungan Anda dengan sekitar, termasuk rekan kerja, setelah Anda menghabiskan waktu seorang diri saja,” ujar Carter. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares