Career

Yang Harus Disiapkan Wanita Bekerja Sebelum Persalinan

By  | 
Merasakan kehamilan, melahirkan, menyusui, dan merawat Si Kecil merupakan rangkaian proses yang membahagiakan bagi seorang wanita. Dan untuk menghadapi fase-fase tersebut, para mamas membutuhkan berbagai persiapan fisik dan mental. Ketika bekerja, cuti melahirkan hanya diberikan tiga bulan saja. Nah, dalam waktu singkat ini, persiapan kehamilan dan melahirkan yang sudah disiapkan jauh-jauh hari akan membuat Anda bisa memanfaatkan cuti dengan efektif. Berikut beberapa tip yang bisa Smart Mama persiapkan sebelum cuti melahirkan.
  1. Rencanakan agar porsi cuti setelah melahirkan lebih lama ketika bayi sudah lahir. Masa-masa ini sangat penting untuk mempererat bonding antara mama dan bayi serta dapat memantapkan serta meningkatkan pasokan ASI.
  2. Cek apakah tersedia ruangan untuk memerah ASI, atau ada ruang kosong yang bisa digunakan untuk memerah ASI di kantor Anda. Dan adakah lemari pendingin untuk menyimpan ASI perah Anda.
  3. Cari organisasi atau kelompok pendukung ibu ASI baik di lingkungan rumah atau kantor. Mintalah dukungan rekan kantor dan atasan tentang rencana Anda untuk memberikan ASI ketika sudah kembali bekerja. Banyaklah bertanya pada orang lain yang sebelumnya sudah pernah mengalami hal tersebut. 
  4. Mulailah mencari informasi tentang cara memerah ASI dengan tangan, atau mulailah mencari breast pump (pompa ASI) yang sesuai.
  5. Pertimbangkan berbagai kendala yang mungkin dihadapi agar kegiatan menyusui tetap lancar. Seperti misalnya bila Anda tidak sempat memerah ASI di tengah meeting atau bagaimana bila stok ASI yang menipis di rumah dan Anda harus mengantarkan ASI perah ke rumah.
  6. Cari tahu perusahaan jasa antar jemput ASI. Siapa tahu Anda membutuhkannya nanti. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares