Health

Agar Berat Badan Si Kecil Tetap Ideal

By  | 

Mamas, masalah berat badan Si Kecil memang membuat orangtua serba salah, jika Si Kecil terlalu kurus tentu saja Anda khawatir apakah ia sehat-sehat saja. Nah jika obesitas, pastinya Anda juga kebingungan, meski banyak yang bilang anak gemuk itu lucu namun jika ia overweight akan berbahaya bagi kesehatannya. Yang terbaik adalah jika Si Kecil memiliki berat badan yang sehat atau healthy weight. Agar berat badan Si Kecil tetap ideal ada baiknya Anda melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Menjadi role model yang baik. Anak-anak memang kerap mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya. Oleh karena itu, salah satu jalan terbaik untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan memberinya contoh. Ajak ia berlari pagi atau berenang saat Hindari terlalu lama menonton TV, apalagi sambil mengonsumsi junk food. Biasakan diri Anda juga untuk rajin konsumsi sayur dan buah serta makanan sehat lain sehingga Si Kecil mengikuti Anda.
  2. Be active. Anak membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk beraktivitas agar kesehatannya tetap terjaga serta berat badannya pun stabil. Untuk anak usia toddler, Anda dapat mengajaknya bermain di playground, bermain bola, kejar-kejaran, atau petak umpet. Jika anak Anda sudah lebih besar, olahraga seperti berenang, menari, martial arts, atau lompat tali dapat dijadikan pilihan.
  3. Porsi makan yang pas. Biarkan ia mengonsumsi makanan sesuai porsinya, jangan biasakan Si Kecil makan dalam porsi orang dewasa. Jadi, jika Anda mengajaknya makan di restoran, biarkan saja ia memesan kid’s meal. Jika ia masih lapar, berikan makanan yang mengenyangkan namun rendah lemak. Misalnya memberikan ia yogurt, semangkuk sup sayuran, atau buah kering.
  4. Sajikan makanan yang sehat. Hindari memberikan Si Kecil junk food atau camilan instan yang banyak terdapat di supermarket. Jauhi juga ia dari kudapan manis seperti cake atau cokelat dan soft drink. Memang sih tidak mungkin sama sekali tidak memberikan makanan-makanan tersebut, hanya saja Anda perlu membatasi asupannya Mams. Jadikan kudapan-kudapan tersebut makanan istimewa yang tak perlu dikonsumsi setiap waktu.
  5. Kurangi nonton TV dan pastikan ia cukup beristirahat. Nonton TV kerap membuat Si Kecil terpancing untuk ngemil makanan yang kurang sehat. Begitu juga jika ia kurang tidur, akibat kurangnya asupan oksigen ke dalam otak memicu anak banyak makan dan cenderung ingin memakan apa saja, seperti frozen food. Maka dari itu pastikan ia cukup beristirahat di malam hari. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares