Health

7 Makanan untuk Bantu Turunkan Tensi Darah

By  | 

Seseorang dinyatakan darah tinggi bila tekanan darah atau tensinya melebihi kadar normal yaitu 120/80 mmHG. Nah coba Anda cek tensi Anda, Mams, bila lebih dari 120/80 mmHG artinya Anda harus mulai mengecek kesehatan agar tensi ini tidak semakin naik dan kembali ke normal. Pasalnya bila diabaikan, tekanan darah tinggi bisa memicu timbulnya penyakit jantung atau stroke di kemudian hari. Gejala lain dari hipertensi adalah sering sakit kepala, sering mual dan muntah, sering kesemutan, dan pandangan mata menjadi buram atau tidak jelas. Namun untuk memastikannya, Anda memang harus mengukur tensi darah dengan alat khusus yang bernama tensimeter. Selain menjalani pola hidup sehat, ada beberapa makanan yang sebenarnya bisa membantu Anda menurunkan tensi darah. Apa saja ya?

1. Pisang. Buah yang kaya akan potasium ini mudah dicerna dan memiliki rasa manis serta yang pasti bisa membantu menurunkan kadar tensi darah. Demikian diungkap oleh Stephanie Dean, RD, seorang pakar diet dari Baylor University Medical Center di Dallas, US. Jika Anda bosan dengan konsumsi pisang yang hanya dimakan begitu saja, Anda bisa mencampurnya dalam sereal atau membuat salad buah campur.

2. Yoghurt. Sebagai sumber kalsium yang tinggi dan memiliki kandungan sodium yang juga baik untuk membantu menstabilkan tekanan darah. “Banyak orang mengira bahwa kalsium hanya dibutuhkan di masa pertumbuhan semata. Padahal, tubuh orang dewasa pun masih butuh kalsium,” tambah Stephanie.

3. Kayu manis. Rempah yang sering dipakai untuk membuat kue dan minuman ini ternyata juga bisa jadi ‘sahabat’ bagi Anda yang memiliki hipertensi. “Bahkan ada penelitian yang bilang bahwa cinnamon bisa juga merendahkan kadar kolesterol. Tambahkan bubuk kayu manis dalam kopi dan cokelat panas atau juga bisa dimasukkan dalam oatmeal. Lezat!” ujar Stephanie.

4. Ikan. Merupakan sumber protein dan vitamin D yang bisa menurunkan kadar tensi darah. Namun ingat untuk mengurangi kadar sodium dengan hanya memberi sedikit garam pada ikan yang akan Anda olah. Untuk memberi raza yang lebih lezat, tinggal balurkan dengan olive oil lalu tambahkan lada hitam dan panggang selama beberapa menit.

5. Bayam. Buah berdaun hijau seperti bayam juga merupakan sumber makanan yang rendah sodium sehingga sangat cocok menjadi menu diet bagi penderita hipertensi. Setengah cangkir bayam matang juga bisa memenuhi 12 persen dari kebutuhan kalsium per hari orang dewasa. Bayam juga kaya serat, zat besi, serta vitamin A dan C.

6. Kentang. Umbi-umbian yang kerap ada dalam sayur sop ini kaya akan magnesium dan potasium, dua mineral penting yang bisa menurunkan angka tekanan darah Anda. Tapi ingat ya, jangan lumuri kentang dengan banyak garam atau dengan cara digoreng. Rebus kentang lalu lumatkan dan campurkan dengan plain yoghurt untuk rasa yang lebih nikmat.

7. Bit. Sama seperti kentang, bit merupakan jenis umbi yang cukup populer di Indonesia. Ternyata umbi berwarna ungu kemerahan ini memiliki khasiat baik untuk Anda yang hipertensi. Sebuah penelitian yang dilakukan di Queen Mary University of London menemukan bahwa pasien darah tinggi yang sudah mengonsumsi jus bit, tekanan darahnya turun dalam waktu 24 jam. Silakan dicoba ya, Mamas. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

 

 

 

Shares