Health

Pengalaman Selebriti Mengasuh Anak Special Needs

By  | 

Mamas, setiap orangtua tentu berharap anak-anaknya tumbuh normal sesuai dengan usianya. Namun beberapa mamas diberi kepercayaan untuk mengasuh anak dengan berkebutuhan khusus. Tentu saja hal tersebut tidak mudah dan menguras seluruh energi dan pikiran. Tetapi jika dijalani dengan sabar dan usaha yang maksimal, semua akan baik-baik saja kok Mams. Yuk simak pengalaman para selebriti yang memiliki anak special needs, layak dijadikan inspirasi.

Collin Farrell

collin farell

Aktor asal Irlandia ini memiliki anak laki-laki bernama James Padraig Farrel yang menderita angelman syndrome yakni adanya kelainan genetik yang menyebabkan anak terlambat perkembangannya serta beberapa kasus Si Kecil juga kerap mengalami kejang. Anak penderita sindrom ini juga sering tertawa atau tersenyum sendiri. Collin sendiri mengatakan ia dan ibu dari James, Kim Bordenave selalu menghargai “kemenangan kecil” mereka saat James dapat berjalan di usia empat dan mengucapkan kata-kata pertamanya dua tahun kemudian. “Saat ia bisa berjalan, rasanya saya sangat bahagia,” ungkap Collin.

Tak hanya itu, pemeran Douglas Quaid dalam film Total Recall tersebut juga mengungkapkan alasan mengapa ia mendaftarkan diri untuk ikut rehabilitasi ketergantungan narkoba dan alkohol pada tahun 2005. Baginya, usaha James yang kini berusia 12 tahun untuk bisa berjalan, makan sendiri dan berbicara sangat inspiratif dan membuat Collin ingin berusaha untuk menjadi manusia yang lebih baik. Mengharukan ya Mams ternyata seorang anak special needs lah yang dapat membuat Sang Ayah yang terkenal bad boy menjadi lebih baik.

Jenny McCarthy

jenny mccarthy

Aktris yang juga model, Jenny McCarthy mengatakan Sang Anak, Evan Joseph Asher (12 tahun) menjadi korban bully di summer camp akibat penyakit autis yang dideritanya. Namun ternyata Evan sama sekali tidak merasa di bully sehingga ia ikut tertawa bersama orang-orang yang mem-bullynya. Evan yang didiagnosa mengidap autis saat berusia tiga tahun tersebut membuat Jenny lebih aware dengan penyakit yang banyak diderita oleh anak-anak tersebut dengan rasio satu berbanding 15.

Bahkan Jenny sempat menulis sebuah buku berjudul Louder Than Words: A Mother’s Journey in Healing Autism. Buku tersebut bercerita tentang perjuangannya menghadapi Evan, dan berbagai pergulatan batin bagaimana kehidupan Evan saat dewasa nanti. Kini tujuan utama Jenny dan Evan adalah mencari teman bagi Evan sebanyak mungkin. Jenny sendiri memperlakukan Sang Anak seperti teman, ia bahkan mengantarkan Sang Ibu menuju altar saat Jenny menikah dengan mantan anggota New Kids on The Block, Donnie Wahlberg pada akhir tahun 2014  lalu. So sweet!

Victoria Beckham

victoria-romeo

Meskipun tergolong penyakit biasa, namun penderita epilepsi dapat mengalami hilang kesadaran, gemetar bahkan kejang sewaktu-waktu jika ia merasa sedang nervous. Penyakit ini yang diderita oleh anak kedua pasangan Victoria dan David Beckham, Romeo sejak kecil. Hal tersebut pertama kali diketahui oleh publik saat para paparazzi berusaha mengabadikan foto dirinya bersama para saudara laki-lakinya di bandara Heathrow London pada tahun 2006. Begitu wajahnya menangkap sinar blitz ia pun berteriak.

Sang Mama, Victoria langsung membawanya ke dalam mobil, ia berkata pada para paparazzi untuk tidak menggunakan blitz. “Leave him alone, ia menderita epilepsi, blitz Anda akan membuat epilepsinya kambuh,” seru Victoria saat itu. Sejak saat itu, beberapa agensi foto membiarkan Romeo untuk hidup tenang dan tidak berusaha untuk mengabadikan fotonya dengan cara yang mengagetkan. Pemilik agensi foto Splash News, Kevin Smith berkata, “Tak ada satu foto pun yang worth it untuk menempatkan seorang anak dalam kondisi berbahaya.” Indeed! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com, dok. various)

 

Shares