Beauty & Style

Q & A : Atasi Varises Saat Hamil

By  | 

A: Saat ini kehamilan saya memasuki pertengahan trimester kedua. Namun saya mulai takut terjadi varises pada area kaki, apalagi berat badan saya naik cukup banyak. Adakah hal yang harus saya lakukan untuk menghindari varises?
Aghisna, hamil 5 bulan

Q: Varises memang kerap menyerang ibu hamil. Varises yang terdapat di area kaki biasanya akan menimbulkan rasa pegal, kaku, serta nyeri. Tapi jangan khawatir, Mams karena ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya varises. Antara lain:
1. Konsumsi makanan bernutrisi. Konsumsilah makanan sehat misalnya yang mengandung vitamin E yang dapat menurunkan risiko varises.
2. Rajin olahraga. Sebaiknya hindari olahraga berlebihan karena tekanan berlebih pada pembuluh darah dapat memperburuk varises. Pilih jenis olahraga ringan, seperti jalan kaki, renang, atau yoga.
3. Perbanyak minum air putih. Minum air putih dapat mencegah dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah sehingga mengurangi risiko terhindar dari varises. Untuk sementara hindari minuman berkafein yang dapat memperburuk varises seperti teh, kopi, dan soda.
4 .Jaga kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan yang berlebihan saat hamil dapat menyebabkan varises. Maka pastikan kenaikan berat badan Anda tetap normal ya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares