Health

Kurangi Kadar Asam Urat dengan Buah Ini

By  | 

Meskipun terkesan merupakan ‘penyakit orangtua’, bukan tidak mungkin Anda bisa mengalami asam urat kan, Mams? Asam urat terjadi akibat seseorang kelebihan kadar asam urat dalam darah dan tertimbun menjadi kristal-kristal pada persendian. Gejala asam urat antara lain nyeri pada persendian seperti kaki, tangan, tumit, serta siku. Nyeri tersebut juga menimbulkan rasa kesemutan, ngilu, ataupun kemerahan pada bagian yang sakit. Namun sebenarnya ada buah tertentu yang bisa membantu mengurangi kadar asam urat, lho.

1. Ceri. Buah yang lazim digunakan sebagai penghias kue tart ini memang banyak disukai orang, terutama anak-anak. Rasanya yang manis dan ukuran kecilnya membuat ceri begitu menggoda untuk dimakan. Anda yang memiliki kadar asam urat tinggi sebaiknya mulai sering mengasup ceri. Buah ini tidak hanya bisa mengurangi kadar asam uram tapi juga kolesterol, lho. Agar kadar asam urat Anda turun dengan cepat, konsumsilah 10 buah ceri segar setiap hari.

2. Lemon. Anda tentu tahu bahwa buah berasa asam seperti lemon atau jeruk nipis merupakan sumber pembersih yang baik. Buktinya banyak produk pencuci piring atau lantai yang memakai lemon atau jeruk nipis sebagai bahan dasarnya. Ternyata sifat asam dari lemon atau jeruk nipis juga memiliki fungsi yang sama untuk tubuh, khususnya untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Peras setengah lemon atau sebuah jeruk nipis berukuran kecil lalu masukkan ke dalam segelas air, minumlah sehari dua kali sebagai obat alami asam urat.

3. Apel. Baik yang berwarna merah atau hijau, apel merupakan buah yang banyak digemari orang. Untuk membantu menurunkan kadar asam urat, Anda dianjurkan mengonsumsi jus buah apel murni yang dibuat sendiri. Caranya mudah, Mamas. Cuci bersih dan kupas tiga apel lalu potong kecil. Rebus seliter air dan masak bersama potongan apel kurang lebih 30 menit. Biarkan sampai dingin dan jus apel tanpa gula ini bisa Anda minum satu gelas per hari ya.

4. Stroberi. Bila memungkinkan, Anda disarankan mengonsumsi segenggam stroberi setiap hari sebagai penurun kadar asam urat yang efektif. Selain bisa dimakan langsung, buah berwarna merah yang kaya vitamin C ini juga baik dibuat jus namun tanpa tambahan gula sedikit pun ya.

5. Cranberi. Di Indonesia, buah ini memang hanya bisa ditemui di supermarket yang menjual buah import. Tapi, vitamin C dan antioksidan di dalam cranberi sangat tinggi sehingga sangat membantu proses penurunan kadar asam urat. Worth a try, Mams! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares