Health

7 Tanda Kehamilan yang Unik

By  | 

Mamas, selain berbagai gejala umum yang sering terjadi saat wanita baru saja dinyatakan hamil seperti mual, kurang enak badan, serta mood swing, ternyata ada gejala lain dalam tubuh wanita hamil yang tergolong unik. Apa saja gejala tersebut? Yuk simak!

  1. Saat hamil, ukuran kaki Anda akan membesar sebanyak 10 mm. Yes Mamas, hal tersebut terjadi akibat meregangnya ligamen dan kehilangan bentuk. Dan ukuran tersebut tetap bertahan hingga Anda memiliki bayi nantinya. Jadi jangan kaget ya kalau ukuran sepatu Anda pun bisa berubah nantinya.
  2. Volume sel otak menurun hingga 4 % akibat perubahan hormon. Beberapa riset memang sudah membuktikan kemampuan otak yang menurun saat seorang wanita tengah hamil, contohnya menjadi pelupa (baca : Pelupa Saat Hamil? Ini 5 Cara Mengatasinya). Namun berbeda dengan ukuran kaki, sel otak akan pulih kembali sesaat setelah Anda melahirkan Si Kecil.
  3. Rambut berhenti rontok. Jika biasanya Anda mengalami kerontokan rambut, thanks to the hormone, saat hamil Anda berhenti mengalaminya. Bahkan rambut Anda menjadi lebih tebal lho Mams. Namun hal ini akan kembali normal saat Anda melahirkan nanti. Jika diperhatikan, Anda juga mengalami pertumbuhan rambut yang lebih banyak pada bagian pipi, dagu, upper lips, tangan, dan kaki.
  4. Kehilangan orientasi atau clumsy. Akibat retensi air dalam tubuh kala Anda hamil serta memiliki pusat gravitasi yang berbeda, Anda kerap ceroboh dalam melakukan sesuatu dan seringkali kehilangan orientasi.
  5. Daya penciuman meningkat. Hal ini terjadi akibat meningkatnya hormon estrogen pada wanita hamil. Beberapa ahli mengatakan peningkatan estrogen tersebut ini yang menyebabkan wanita hamil kerap sensitif terhadap bau-bauan. Misalnya banyak wanita hamil yang tidak menyukai bau nasi saat baru matang atau anti terhadap parfum yang dulu ia sukai.
  6. Metallic taste. Sama seperti daya penciuman Anda, indra perasa Anda juga akan mengalami perubahan. Setiap Anda merasakan sesuatu akan ada rasa metalik seperti besi di lidah Anda.
  7. Sering buang angin. Saat hamil Anda akan lebih sering buang angin akibat meningkatnya hormon progesteron dan otot Anda yang lebih relaks termasuk otot pada bagian saluran gastrointestinal yang juga menjadi penyebab menurunnya fungsi pencernaan.  (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)


Shares