Health

Rahasia Sehat dari Wanita yang Tak Pernah Sakit

By  | 

Kelima wanita ini mengaku selalu terhindar dari penyakit yang lazim diderita orang misalnya batuk atau flu. Apa rahasia mereka hingga memiliki sistem imun tubuh yang demikian kuat? Yuk simak.

Tidur 8 Jam Sehari
Menurut penelitian, orang yang tidur selama delapan jam setiap malam akan mengalami risiko yang rendah terhadap penyakit. Hal ini disebabkan saat tidur di malam hari, tubuh Anda akan memperbaiki sel-sel yang juga mereduksi hormon stres yang menjadikan Anda terhindar dari infeksi. Mikita Burton wanita asal Kansas mengaku, “Saya selalu disiplin dalam mengatur jadwal tidur di rumah. Dokter mengatakan saya dan keluarga tidak pernah mengunjunginya dalam setahun terakhir ini, dan hal tersebut sangat hebat untuk ukuran keluarga yang memiliki anak usia 5-16 tahun.”

Konsumsi Aneka Makanan Berwarna

Mengonsumsi aneka makanan berwarna yang kaya antioksidan juga sangat penting bagi tubuh. Misalnya ubi yang mengandung banyak beta carotene, juga lemon yang kaya vitamin C, serta almond sebagai penambah vitamin E, juga anggur merah yang ampuh membunuh bakteri dalam tubuh. Wanita asal Tennesse, Susan Robertson mengatakan, “Dulu saya kerap mengalami penyakit sinus yang cukup parah, lalu saya diet dan mengonsumsi lebih banyak makanan sehat. Kini saya sudah tidak pernah sakit lagi selama dua tahun.”

Perhatikan Kesahatan Perut Anda

Setiap hari Anda memasukkan banyak bakteri melalui mulut, bisa berupa makanan atau tangan Anda yang kurang bersih misalnya. Perut Anda pasti bereaksi dan efeknya bisa menjalar ke organ tubuh lain. Oleh karena itu Anda membutuhkan sistem imun yang kuat untuk melawan bakteri dalam tubuh. Cara terefektif adalah mengonsumsi probiotik yang terdapat dalam makanan fermentasi seperti tahu, tempe, atau yogurt. “Dulu, anak-anak saya sering sekali sakit dan kami memutuskan mengonsumsi probiotik secara teratur. Tak lama sejak kami menerapkan hal tersebut, kami tidak pernah lagi sakit.”

Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan dapat mereduksi penyakit 15-50 persen lho, Mams. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, lalu saat mempersiapkan makanan untuk keluarga. Tentu saja mencuci tangan dengan air mengalir ya Mams, gunakan sabun dan gosok selama 20 detik kemudian dibilas. Namun bawa juga hand sanitizer untuk emergency, pastikan yang kadar alkoholnya cukup tinggi untuk membunuh kuman ya. Seorang wanita asal Washington DC, Jennifer Muth mengatakan, “Dulu saya bekerja sebagai massage therapist selama 10 tahun dan sangat rajin mencuci tangan, Saya pun tidak pernah sakit.”

Bersosialisasi

Rahasia sehat wanita asal North Carolina, Kamden Hoffman adalah sering berkumpul bersama teman dan keluarga. “Setiap minggu, saya selalu meluangkan waktu bertemu teman, date night bersama suami, serta menelepon nenek saya. Bercengkrama dengan orang-orang membuat saya bersemangat dan membuat saya selalu sehat,” ungkapnya. Dan memang menurut beberapa penelitian psikologi, orang-orang yang memiliki social support yang tinggi akan jauh dari stres dan risiko terkena virus.(Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares