Career

Ingin Berbisnis dengan Modal Kecil? Ini Dia Caranya!

By  | 

Bila Anda berencana membuka bisnis namun merasa modal yang Anda miliki kurang banyak, jangan khawatir Mams, Anda tetap bisa kok memulai sebuah bisnis yang sukses. Lihat saja Facebook yang dibuat di dalam asrama mahasiswa dengan hanya bermodalkan internet. Lalu perusahaan Apple hanya dimulai di sebuah garasi bermodal beberapa spare parts komputer saja. Nah, agar ide brilian tersebut dapat diaplikasikan dalam sebuah bisnis meskipun Anda tidak memiliki modal banyak, lakukan beberapa hal ini:

  1. Membangun bisnis di bidang yang Anda tahu dan kuasai. Hal ini sangat penting lho Mams, jika Anda ahli di bidang tersebut, tanpa perlu banyak modal Anda pasti akan dicari orang. Contohnya Anda ahli dalam bidang programmer atau bidang fashion, bisa juga di bidang kuliner yang spesifik seperti katering diet atau katering sehat anak.
  2. Beritahu semua orang tentang bisnis Anda. Kini hal tersebut sangat mudah dilakukan kan Mams? Anda tinggal mengoperasikan akun sosial media dan memberitahu publik seputar bisnis yang akan Anda jalani. Biasanya, info yang Anda sebarkan akan menjadi viral.
  3. Hindari biaya tidak perlu. Misalnya biaya telepon, lebih baik Anda ganti dengan langganan internet, dan operasikan bisnis Anda melaui email atau Whataspp dan Line. Di era teknologi ini, Anda juga tidak perlu menyewa tempat untuk bisnis Anda, lakukan saja dulu di rumah. Jika sudah besar nanti baru pikirkan menyewa space untuk kantor, Mamas.
  4. Jangan sampai berutang dengan kartu kredit. Mulai dulu bisnis Anda dengan modal yang Anda miliki meskipun sangat minim. Jangan tergoda menggunakan kartu kredit karena akan memicu membengkaknya utang Anda sementara usaha yang Anda dirikan belum menghasilkan laba. Bersabar dulu Mams, dari usaha kecil bisa jadi besar kok asalkan Anda konsisten menjalaninya.
  5. Terapkan metode pembayaran yang tepat. Karena modal Anda tidak terlalu banyak, hindari piutang dalam bisnis Anda. Sebaiknya, Anda menentapkan Standard of Procedure (SOP) sebelum menjalankan bisnis tersebut. Jika Anda berbisnis jual beli, ada baiknya menerapkan sistem cash on delivery atau beli putus. Hindari memberikan kelonggaran dalam terms of payment karena akan menghambat cash flow
  6. Manfaatkan iklan gratis. Dewasa ini banyak juga beberapa media online yang menawarkan iklan gratis. Manfaatkan hal tersebut untuk mempromosikan bisnis Anda, atau jika Anda memiliki teman cukup terkenal, misalnya selebriti atau public figure, minta ia menyebarkan informasi seputar bisnis baru Anda.
  7. Bersiap untuk kerja keras. Tak ada start up business yang berhasil tanpa kerja keras, apalagi jika modal Anda sedikit. Anda harus giat mencari peluang serta meningkatkan kreativitas agar memiliki perbedaan dan keunikan dari bisnis yang lain. Selain itu, Anda juga harus rajin mencari partner kerjasama yang saling menguntungkan guna bersama-sama memajukan bisnis masing-masing. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares