Education

Cara Sederhana Ajarkan Si Kecil Table Manner

By  | 

Meski table manner identik dengan budaya barat, tidak ada salahnya Anda mengajarkannya pada Si Kecil ya, Mamas. Manfaat dari table manner adalah untuk melatih sopan santun, tata krama, dan juga membawa banyak perubahan positif dalam perilaku anak.
Mengajarkan table manner pada anak tentu saja dimulai saat berada di rumah. Dengan demikian ketika Si Kecil mulai bertamu ke rumah temannya, ia akan berperilaku sopan santun dan mencerminkan anak yang dididik dengan baik oleh orangtuanya.
Bagaimana cara sederhana mengenalkan table manner pada Si Buah Hati? Ikuti saran Smart Mama ya.

1. Kata tolong dan terima kasih. Dua kata ini merupakan dasar dari sopan santun dan juga table manner. Dengan mengajarkan Si Kecil mengucapkan dua kata tersebut, ia dapat menunjukkan rasa terima kasih dan tahu cara menghormati orang lain. Di meja makan merupakan tempat terbaik untuk mengucapkan kata tersebut karena akan ada interaksi untuk berbagi sesuatu.

2. Makan tidak ‘berbunyi’. Salah satu table manner yang paling penting adalah mengunyah dengan mulut tertutup. Ajari Si Kecil bagaimana mengunyah makanan perlahan-lahan dengan mulut tertutup dan tidak bicara saat mengunyah makanan.

3. Posisi duduk. Ajarkan Si Kecil duduk dengan tegap. Mungkin sulit untuk anak-anak terlebih di usia yang masih dini untuk duduk dalam waktu yang lama. Namun, biasakan Si Kecil  untuk terbiasa duduk seperti itu setidaknya selama 5-10 menit.

4. Menggunakan sendok dan garpu. Ajarkan anak untuk makan menggunakan sendok dan garpu sejak usia dini. Sendok dan garpu dapat diperkenalkan di saat usia anak masih balita. Namun, perlu juga diperhatikan peralatan sendok dan garpu yang digunakan sebaiknya terbuat dari bahan yang tidak berbahaya seperti sendok plastik yang tebal. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares