Health

Cegah Kanker Payudara dengan 6 Makanan Ini

By  | 

Bulan Oktober dikenal sebagai breast cancer awareness. Sebagai wanita, tentu kita harus peduli pada kesehatan payudara ya, Mamas. Apalagi Badan Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO) memprediksikan bahwa pada tahun 2020, jumlah penderita kanker diperkirakan meningkat dengan perbandingan 1 : 8. Nah, Mamas, salah satu cara menghindari kanker pembunuh nomor satu pada kaum wanita, maka Anda harus rajin melakukan deteksi dini yang dikenal sebagai gerakan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dan pemeriksaan mammografi melalui sinar X. Selain cara itu, Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi beberapa makanan tertentu yang dipercaya bisa mencegah kanker payudara. Apa saja makanan tersebut? Simak yuk, Mamas.

l

1. Biji rami. Atau yang disebut flaxseed ini memiliki kandungan omega 3 dan serat yang bisa menjadi ‘perisai’ untuk melindungi Anda dari sel kanker yang menyebabkan kanker payudara. Agar rasanya lebih nikmat, masukkan flaxseed ke dalam smoothie, yoghurt, atau Anda dapat mencampurnya saat memanggang roti atau muffin.

2. Bawang putih. Bumbu dapur satu ini memang kaya akan sel pelawan kanker yang dinamakan allium. Bawang putih dan ‘saudara-saudaranya’ seperti bawang merah dan bawang bombai, terbukti bisa menghambat pertumbuhan tumor dan mencegah risiko kanker payudara lebih besar daripada kanker prostat atau kanker usus. Cobalah untuk mengunyah satu suing bawang putih setiap pagi sebagai tindakan pencegahan yang efektif.

 

3. Delima. Buah berbiji merah ini sangat direkomendasikan untuk mencegah kanker payudara. Buah ini mengandung polyphenol, sebuah zat yang juga kaya antioksidan yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Pastikan buah delima ini ada dalam daftar menu mingguan Anda ya, Mamas.

4. Sayuran berdaun hijau tua. Bayam, kale, dan berbagai sayuran berdaun hijau gelap merupakan nutrisi yang baik untuk menangkis sel kanker. Sayuran tersebut juga kaya serat, vitamin B, phytochemical, dan klorofil. Jadi, usahakan makan sayur setiap hari ya.

5. Salmon. Ikan laut ini kaya akan omega 3 dan vitamin B12 dan D yang juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Kreasikan sesuka hati Anda ya, Mams, mulai dari direbus, ditumis, hingga dibakar.

 

6. Teh hijau. Minum teh hijau secara rutin diyakini dapat menurunkan risiko kanker payudara. Kandungan phytochemical dalam the hijau akan memberikan keuntungan bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, biasakan untuk mengonsumsi teh hijau 1-2 cangkir per hari ya! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares