Career

Q&A: Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

By  | 

Q: Saya sudah bekerja selama empat tahun di sebuah perusahaan farmasi. Pekerjaan monoton yang saya lakukan selama itu mulai membuat saya jenuh. Saya takut rasa jenuh ini akhirnya akan mengurangi profesionalitas saya di tempat kerja. Bagaimana mengatasinya?

Rieke, 27 tahun, mama dari Ratri, 2 tahun

A: Wajar saja bila Anda merasa jenuh melakukan pekerjaan yang sama setiap hari untuk kurun waktu lama. Dan memang, tidak ada yang lebih menyiksa dari rasa bosan pada pekerjaan. Terlebih karena Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam hanya di dalam kantor saja. Lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi rasa jenuh Anda ya Mams.

1. Percantik meja kerja. Coba lihat meja kerja Anda, Mams. Kapan terakhir kali menata meja kerja Anda? Jika memang terakhir kali Anda menatanya setahun lalu, tidak heran jika rasa jenuh mudah menyerang. Meja kerja merupakan tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu selama di kantor. Tidak ada salahnya menata ulang agar suasana kerja lebih menyenangkan.

2. Perluas network. Mengatasi rasa bosan juga dapat dilakukan dengan memperluas network Jangan hanya berhubungan dengan departemen lain melalui telepon atau email saja. Coba sesekali datang ke ruangan mereka. Dengan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, Anda dapat lebih mudah menyelesaikan pekerjaan.

3. Berlibur. Ambil cuti selama beberapa waktu untuk berlibur ke tempat yang Anda dan keluarga sukai. Tenangkan diri dan lupakan masalah pekerjaan selama berlibur. Bisa saja setelah pulang berlibur, Anda kembali semangat bekerja lagi, Mams.

4. Saatnya mengejar promosi. Rasa jenuh biasanya muncul karena menganggap sudah mahir pada pekerjaan. Jika hal tersebut yang terjadi, waktunya Anda mengejar promosi. Tunjukkan pada atasan kalau Anda siap menerima tantangan dan tanggung jawab baru yang lebih besar. Setelah itu, berikan performa terbaik selama menjalankan tanggung jawab sekarang hingga Anda dapat menduduki jabatan yang baru.

5. Mempelajari keahlian baru. Jika rasa jenuh sudah muncul meski belum mahir pada pekerjaan yang dilakukan, mengapa tidak mencoba mempelajari keahlian baru yang sekiranya Anda suka? Selain memberikan tantangan pada diri sendiri, hal tersebut juga dapat mempermudah Anda mendapatkan karier gemilang.

6. Waktunya cari pekerjaan lain. Bila beberapa tip tersebut tak juga dapat mengatasi rasa jenuh Anda, sepertinya ini merupakan tanda agar Anda mencari pekerjaan lain. Terlebih jika rasa jenuh tersebut sudah berubah menjadi kecemasan hingga stres. Lebih baik cari pekerjaan lain yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares