Education

Panduan Menggunakan Flash Card untuk Balita

By  | 

Mams, ada banyak cara mengajarkan Si Kecil membaca sejak dini, salah satunya menggunakan flash card (kartu). Dasar dari flash card adalah belajar melalui permainan menyenangkan sehingga Si Kecil dapat menikmati dan memahami lebih cepat. Dengan flash card, Anda menggunakan media kartu berukuran besar yang bertuliskan kata-kata sederhana. Setiap kartu atau flash card tersebut memuat satu kata yang ditulis dengan huruf kecil (bukan kapital) berukuran besar dan warna yang jelas dan mencolok. Agar permainan ini berhasil, cari waktu yang tepat saat Si Kecil senang. Duduklah bersama dan tunjukkan flash card tersebut kepadanya satu per satu sambil Anda bacakan dengan lantang dan jelas.

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan flash card:

1. Flash card sebaiknya disusun dan dikelompokkan berdasarkan subyek yang sama. Misalnya, kategori binatang, warna, atau buah-buahan. Untuk flash card bergambar, sebaiknya gambar berukuran cukup besar dan jelas.
2. Flash card gambar hanya berisi satu gambar untuk setiap kartu yang berlatar putih polos. Ketika Anda menunjukkan kartu tersebut kepada Si Kecil usahakan tidak terlalu lama, cukup sekitar sedetik.
3. Jangan lakukan permainan belajar ini saat Si Kecil lelah, mengantuk, atau rewel. Pastikan juga mood Anda senang ketika mengajarkan ia membaca. Dengan begini, suasana belajar-mengajar menjadi menyenangkan
4. Ketika anak Anda selesai mempelajari satu set flash card, Anda bisa beralih ke set berikutnya sehingga ia selalu mempelajari sesuatu yang baru. Dan perlu Anda ingat, Mamas, bahwa tiap anak memiliki kemampuan berbeda. Setiap anak memiliki kelebihan dan kelemahan dalam mempelajari sesuatu yang baru. Selamat menerapkan metode belajar membaca dengan flash card dan semoga berhasil ya, Mams. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares