Style

Q & A : Memilih Sepatu Anak Sesuai Bentuk Kaki

By  | 

Q : Saya mama dari satu anak yang saat ini berusia 3 tahun. Saat ini saya sedang kesulitan dalam memilih sepatu yang cocok dan nyaman dengan kaki Si Kecil. Adakah saran atau tip dari Smart Mama, dalam membeli sepatu?
Kinan, 34 tahun, mama dari Vanesa, 3 tahun
 
A : Sepatu anak yang baik umumnya selalu mengikuti bentuk kaki anak. Pilih sepatu yang bagian depannya tidak sempit, sehingga jari kaki tidak terjepit dan terlalu berhimpit satu dengan yang lain. Perhatikan juga lebar sepatu, punggung kaki, dan bagian sol sepatu yang menekuk ketika berjalan. Pada saat membeli, sebaiknya Anda mengajak Si Kecil ikut serta sehingga ia bisa mencoba terlebih dahulu.

little-marc-jacobs-shoes-1432780607-p_n_124667_C

Little Marc Jacobs Fancy Flats

 

Perhatikan apakah saat mencobanya, Si Kecil dapat berjalan, berlari, dan melompat dengan nyaman. Pada usia 1-3 tahun, kaki anak bertambah panjang sekitar 1,5 mm setiap bulan. Meski begitu, jangan membeli sepatu yang terlalu kebesaran karena sangat tidak nyaman untuk anak. Untuk pemilihan bahan sepatu untuk digunakan sehari-hari sebaiknya memiliki sirkulasi yang baik, agar pori-pori kaki anak tetap dapat bernapas. Salah satu contoh adalah bahan kulit dan bahan sepatu olahraga yang memang dirancang untuk kenyamanan dan kesegaran kaki. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares