Mind

Me Time Sehat dengan Olahraga

By  | 

‘Me time’ saat hamil sebaiknya tidak hanya melulu dengan spa atau mendengarkan musik ya. Bagi Mams yang menyukai olahraga atau mungkin tidak menyukai olahraga sebelumnya, bisa lho mencoba beberapa olahraga berikut sebagai pilihan ‘me time’. Manfaatnya banyak nih, antara lain membuat badan bugar, pikiran pun jadi fresh, dan dapat meningkatkan perkembangan otak janin!
 
Jalan Kaki
Merupakan jenis olahraga terbaik yang bisa dilakukan ibu hamil selama kehamilannya karena dapat melancarkan peredaran darah dan menjaga Anda tetap fit. Jalan kaki tidak memerlukan peralatan, bisa dilakukan di mana saja dan bisa dilakukan hingga akhir kehamilan. Tidak perlu lama, Anda bisa berjalan kaki selama 30 menit per hari. Untuk menghindari dehidrasi, selalu bawa persediaan air minum selama jalan kaki. Pilih rute yang tidak menanjak, dan lakukan di pagi atau sore hari.
 
Berenang
Para ahli kesehatan menyatakan bahwa berenang merupakan salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil. Berenang sangat baik sebab sangat bagus melatih otot-otot besar (kaki dan tangan), memberi manfaat bagi kinerja jantung, dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang overweight. Selain itu olahraga berenang dapat menghindarkan dari dehidrasi. Namun meskipun demikian disarankan ibu hamil setiap 15 menit sekali minum satu gelas air selama melakukan renang dan satu gelas setelah selesai. Olahraga berenang sendiri bisa dilakukan ibu hamil selama 30 menit dalam sehari. Gaya dada cocok dilakukan karena tidak membutuhkan banyak putaran seperti pada gaya bebas, dan juga hanya membutuhkan tenaga minim.
 
Senam Hamil
Senam hamil biasanya bisa dimulai saat kehamilan memasuki minggu ke-28. Dan meskipun Anda bisa melakukan senam sendiri melalui panduan DVD atau YouTube, namun akan lebih baik jika dipandu ahli atau mengikuti kelas-kelas hamil yang saat ini banyak dijumpai. Selain mendapatkan kebugaran dan panduan yang tepat, Anda dapat berinteraksi dengan sesama calon mama lainnya sehingga makin memperbanyak pengetahuan dan berbagi pengalaman. Dengan melakukan senam hamil, dapat menambah kesehatan dan kebugaran ibu hamil beserta janin. Selain itu senam hamil dapat membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang diperlukan saat persalinan nanti sehingga akan mempermudah proses persalinan.

Yoga
Sama halnya dengan senam hamil, sebaiknya Anda mengikuti kelas yoga yang dipandu ahli. Selain membantu kebugaran tubuh, kelebihan yoga adalah melatih pernapasan dan relaksasi yang sangat penting diperlukan saat persalinan nanti. Mengingat pada saat persalinan nanti dibutuhkan teknik-teknik pernapasan yang baik dan ibu hamil yang rileks dan melakukan yoga bisa membantu mewujudkan itu. Relaksasi yang dihasilkan dari yoga dapat membuat Anda menjalani hari-hari dengan tenang, dan mampu mengurangi rasa takut akan proses persalinan. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares