Career

Kiat Sukses Bekerja Saat Hamil

By  | 

Tubuh mengalami perubahan hormon yang menyebabkan banyak ketidaknyamanan saat Anda mengandung. Misalnya saja rasa nyeri ketika payudara dan pinggul membesar, mual, muntah, dan pusing. Ada pula, penurunan selera makan juga emosi yang lebih sensitif dari pada sebelumnya. Dalam kondisi ini, ibu hamil yang bekerja juga harus berurusan dengan beban pekerjaan yang kadang menimbulkan stres. Jadi apa yang harus dilakukan supaya Anda tetap sehat dan cemerlang dalam pekerjaan? Berikut tipnya Mamas:

  1. Sediakan camilan dan minum cukup. Saat hamil mungkin Anda akan sering mengalami mual. Untuk menguranginya, sediakan camilan sehat dan jangan sampai kurang minum. Rasa lapar atau haus akan memperparah rasa mual Anda.
  2. Melawan mood swing. Saat hamil, mood Anda seringkali tidak terkendali. Masalah-masalah kecil yang biasanya tak mengganggu pikiran, kini mungkin akan membuat Anda kesal. Padahal Anda harus menjalin hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan, bukan? Sebaiknya ketika kesal dengan keadaan kantor jangan langsung memberikan reaksi. Tunda dahulu dengan melakukan kegiatan menenangkan. Seperti mendengarkan musik misalnya, itu akan menenangkan perasaan.
  3. Bernegosiasi. Pasti ada masa ketika keadaan Anda sedang tidak baik dan pekerjaan menumpuk. Jika membutuhkan bantuan, hilangkan perasaan takut dan segan. Ceritakan secara jujur bagaimana keadaan Anda kepada atasan. Apalagi jika kehamilan memiliki risiko tinggi, lebih baik berikan surat rekomendasi dari dokter yang menjelaskan kondisi kehamilan Anda. Ketika bernegosiasi, ungkapkan tawaran Anda, apakah mengurangi beban kerja, jam kerja yang lebih fleksibel, dan sebagainya. Namun yang terpenting adalah tunjukkan kesungguhan bahwa Anda sebenarnya masih ingin bekerja dengan memberikan yang terbaik untuk perusahaan.
  4. Cukup istirahat. Ibu hamil akan lebih mudah merasa lelah. Biasakan melakukan relaksasi sejenak setiap beberapa waktu bekerja. Tak perlu jauh-jauh, cukup lakukan gerakan stretching dan pejamkan mata sejenak, terutama bagi Anda yang bekerja di depan komputer. Dan biasakan untuk tidur lebih cepat, Mams, setidaknya satu jam lebih awal, agar segar kembali di esok pagi. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares