Health

Q&A : Cara Atasi ‘Masuk Angin’

By  | 

Q : Saya adalah ibu dua anak berusia 3 dan 4,5 tahun. Belakangan ini saya sering kerja lembur di kantor dan pulang hingga pukul 21.00. Kesibukan bekerja ditambah mengasuh dua balita membuat saya jadi sering ‘masuk angin’.¬† Yang ingin saya tanyakan¬†bagaimana cara mengatasi ‘masuk angin’, dan makanan apa yang baik untuk saya konsumsi di saat tubuh kurang fit seperti ini?
Carol, 35 tahun, mama dari Stella, 4,5 tahun dan Stevy,3 tahun

A: Istilah ‘masuk angin’ memang lazim didengar di Indonesia, meski secara medis tidak ada penyakit yang bernama ‘masuk angin’. Beberapa orang biasanya mengatasinya dengan cara tradisional seperti dikerik (kerokan), dikop, dipijit, atau membalurkan balsem atau minyak kayu putih ke bagian tubuh, untuk menormalkan suhu badan. Biasanya ‘masuk angin’ disebabkan udara dingin yang berlebihan, atau terpapar angin sehingga menurunkan daya tahan tubuh. Selain cara di atas, Anda juga bisa atasi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti berikut.

iStock_000028336952_Small

Buatlah sup ayam dan makan selagi hangat. Sup berguna sebagai anti radang yang cocok untuk tubuh yang sedang tidak fit alias ‘masuk angin’. Selain sup, buatlah jus jeruk. Kandungan vitamin C di dalamnya membantu tubuh melawan infeksi. Untuk menghangatkan tubuh, Anda juga bisa membuat peppermint tea yang berfungsi sebagai dekongestan guna meredakan nyeri tenggorokan. ( Yosi Avianti/LD/Photo: Istocphoto.com)

Shares