Education

Perlukah Balita Dipaksa Membaca?

By  | 

Banyak mamas yang merasa khawatir anaknya belum bisa membaca sama sekali padahal sudah masuk ke Play Group atau Taman Kanak-Kanak. Apalagi jika anak teman, saudara, atau kerabatnya ada yang sudah bisa membaca. Sebenarnya, perlukah anak balita dipaksa untuk bisa membaca? Smart Mama akan memberitahu Anda.
Judith Hudson, seorang psikolog perkembangan anak mengatakan, hal ini ternyata tidak perlu! Sebelum usia 5 atau 6 tahun anak belum memiliki ketertarikan untuk membaca. Selain itu juga perkembangan saraf anak balita belum terbentuk untuk menafsirkan kode dan membentuknya menjadi sebuah kata yang bisa diucapkan. Beberapa anak dapat membaca lebih awal namun tetap saja bukan di usia yang lebih muda dari lima tahun.
Oleh karena itu tak perlu memaksa Si Kecil untuk bisa membaca dengan cepat. Apalagi hanya karena Anda ingin bersaing dengan anak lain. Biarkan ia berkembang sesuai usianya saja, Mams. Tak ada salahnya memperkenalkan Si Kecil dengan huruf dan angka namun tak perlu memaksanya langsung bisa dalam waktu cepat. Pengenalan tersebut hanya untuk menumbuhkan kreativitas serta minatnya untuk membaca.
Berdasarkan penelitian, anak yang dapat membaca di usia dini dibandingkan dengan yang baru bisa di usia 7-8 tahun akan sama saja kok kemampuan membaca dan menulisnya ketika mereka menginjak usia 10 tahun. Jadi sama saja kan Mams? Intinya biarkan ia berkembang sesuai apa adanya. Tugas Anda hanyalah menstimulasi minat dan kreativitasnya. Jangan sampai Si Kecil merasa tertekan karena tuntutan Anda. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares