Parenting

Tip Agar Si Kecil Tidak Manja pada Kakek Nenek

By  | 

Sekarang ini, memang tidak mudah mendapatkan baby sitter ataupun asisten rumah tangga (ART) untuk mengurus Si Kecil. Pada akhirnya, orang tua menjadi pilihan untuk menjaga Si Kecil, dan tentu saja ini membuat Anda lebih tenang..Namun bukan berarti tidak ada masalah yang muncul dengan pilihan tersebut. Beberapa orangtua mengeluh anak mereka menjadi manja. Hal itu terjadi karena sang kakek dan nenek kerap selalu mengikuti semua kemauan cucunya. Apakah Anda juga mengalami masalah serupa, Mams?

1. Diskusi
Meski Si Kecil dijaga oleh oran tua, kendali tetap ada di tangan Anda, Mams. Sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu apa saja kebiasaaanya. Misalnya kapan ia harus tidur siang dan bermain di luar. Anda juga bisa beritahu orangtua, agar tidak selalu menuruti keinginan anak, karena ini akan berakibat Si Kecil menjadi manja. Jika memang anak sudah cukup besar dan mengerti, tidak ada salahnya mereka ikut diajak dalam diskusi tersebut. Katakan pada anak, kalau Anda berharap dia mau  mengikuti apa perkataan kakek dan neneknya, tanpa marah-marah ataupun menangis.

2. Jangan Manjakan Si Kecil
Buat orangtua paham untuk tidak menuruti segala keinginan. Orangtua Anda sangat memuja anak-anak Anda dan mereka ingin hal sebaliknya juga terjadi. Katakan pada orangtua Anda, mereka boleh bersikap lembut dan baik pada anak-anak, saat Anda ada juga di sana. Tapi jika Anda sedang bekerja atau tidak ada, minta mereka untuk jangan terlalu memanjakan.

3. Realistis
Harus Anda pahami, bahwa kakek dan nenek merasa punya hubungan istimewa dengan cucunya. Mereka senang memanjakan dan mengizinkan anak melakukan hal yang Anda tidak perbolehkan. Menurut sang kakek dan nenek hal tersebut adalah  bagian dari bersenang-senang. Jadi cobalah bicara dengan orangtua Anda untuk mencari solusi bagaimana agar mereka bisa lebih tidak mudah menyerah saat menghadapi anak-anak yang sering merengek. (Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto)

Shares