Education

Agar Si Kecil Tak Mengantuk di Sekolah

By  | 

Mams, pernahkah Anda mendapati Si Kecil tiba-tiba mengantuk di sekolah? Ya, ini bukan pertanda ia tidak tertarik dengan aktivitas yang ada di dalam kelas. Ternyata, banyak faktor yang dapat membuat Si Kecil mengantuk. Untuk mengetahuinya coba Anda cek beberapa hal berikut ini.

1. Kualitas dan kuantitas tidur. Biasakan Si Kecil memiliki jam tidur teratur setiap hari ya, Mams. Misalnya ia harus tidur siang pukul 13.00 dan tidur di malam hari pukul 20.00. Dengan pola tidur teratur, Si Kecil pasti akan lebih bersemangat bangun di pagi hari.

2. Asupan makanan. Bisa jadi sarapan yang Si Kecil konsumsi terlalu banyak mengandung protein tinggi. Ini jelas akan merangsang rasa kantuk di pagi hari. Untuk sarapan, Anda cukup memberinya semangkuk sereal, roti gandum dengan selai stroberi yang lezat, atau pancake yang diolesi margarin.

3. Faktor penyakit. Biasanya mengantuk juga bisa disebabkan karena beberapa penyakit, misalkan amandel, asma, atau anemia. Infeksi pada amandel seringkali menurunkan daya tahan tubuh anak, sehingga ia mudah mengantuk. Pada penyakit anemia yang disebabkan oleh kekurangan darah, juga mengakibatkan pasokan oksigen ke otak menjadi berkurang, sehingga anak menjadi gampang lelah. Anda bisa bantu dengan memberinya vitamin agar staminanya tetap terjaga. Dan jika Si Kecil harus mengonsumsi obat, hindari obat yang menyebabkan kantuk di pagi hari. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares