Health

5 Cara Meminimalisasi Heartburn Ketika Hamil

By  | 

Selain morning sickness, mood swing, konstipasi, dan back pain, masalah yang kerap dialami wanita hamil adalah heartburn. Heartburn adalah nyeri pada ulu hati karena produksi asam lambung yang tinggi. Seiring dengan meningkatnya usia kehamilan, maka rahim pun makin membesar dan menyebabkan tekanan pada lambung meningkat. Tekanan inilah yang kemudian membuat asam lambung naik hingga ke kerongkongan sehingga memicu heartburn. Rasanya sungguh tidak enak, Mamas to be. Lalu, bagaimana tip meminimalisasinya ? Simak 5 caranya.

1. Makan dalam porsi kecil namun sering. Rachel Brandeis, M.S, seorang ahli nutrisi kehamilan di Atlanta, Amerika, mengatakan, makan dalam jumlah sedikit namun sering akan membantu perut Anda selalu ‘terisi’ sehingga asam lambung bisa dinetralisasi. Rachel menyarankan Anda untuk makan 6 kali dalam sehari dalam porsi kecil, daripada 3 kali sehari dalam porsi besar.

2. Hindari pemicunya. Kenali apa saja jenis makanan yang bisa memicu timbulnya heartburn seperti makanan pedas, buah bercitarasa asam seperti jeruk, lemon, dan tomat, makanan yang digoreng, cokelat, kopi, minuman bersoda, alkohol, serta makanan berlemak atau bersantan.

3. Perbanyak konsumsi makanan lembut dan berserat. Lebih jauh Brandeis bilang, makanan yang cenderung lembut dan berserat lebih mudah dicerna daripada makanan padat. Beberapa contohnya adalah puding, sup, smoothies, milkshakes, yoghurt, serta aneka buah dan sayur mayur. Meski demikian, bukan berarti Anda tak boleh mengonsumsi makanan lain selain yang sudah dianjurkannya. Namun, Brandeis menyarankan, agar saat mengonsumsi makanan cenderung padat, Anda harus mengunyah perlahan-lahan hingga benar-benar lunak sebelum masuk ke dalam pencernaan.

4. Jangan langsung tidur selepas makan. Guna menghindari timbulnya heartburn di malam hari, usahakan untuk tidur malam minimal tiga jam setelah Anda makan. Jadi bila jadwal tidur malam Anda adalah pukul 22.00, maka makan terakhir Anda minimal pukul 19.00.

5. Langsung berbaring saat heartburn menyerang. Ketika tiba-tiba heartburn menyerang Mamas to be, segeralah berbaring dengan posisi tubuh paling atas, sementara bagian dada dan kepala lebih tinggi daripada perut. Hal ini bertujuan mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares