Career

Tip Sukses Menjadi Pemimpin Wanita

By  | 

Kepemimpinan wanita memang kerap dipertanyakan kapabilitasnya. Jangankan oleh kaum pria, kaum wanita sendiri sering meragukan kesuksesan sebuah divisi yang dipimpin wanita. Apalagi jika perusahaan Anda bergerak di bidang yang didominasi pria. Padahal banyak lho pimpinan wanita yang sukses membawa perusahaan bahkan negaranya ke jenjang lebih baik. Nah jika Anda dipercaya menjadi seorang pemimpin, ikuti tip dari Smart Mama berikut.

  • Terus belajar dan mengembangkan diri. Yang satu ini memang mutlak dilakukan, jangan pernah Anda merasa puas setelah diangkat menjadi pimpinan. Kembangkan diri terus menerus dengan ikut training atau workshop yang berkaitan dengan bidang Anda. Selain menambah ilmu pengetahuan, Anda juga mendapat tambahan networking.
  • Pilih karyawan tepat. Banyak atasan yang merasa terancam jika memiliki bawahan yang lebih cerdas daripada dirinya. Buang jauh-jauh pemikiran tersebut ya Mams, bawahan yang cerdas justru akan membantu Anda mengarahkan divisi yang Anda pimpin menjadi lebih maju. Anda sendiri pun akan lebih banyak pengetahuan kan. Tak perlu khawatir akan kedudukan Anda ya Mams, selama Anda terus mengembangkan diri dan divisi yang Anda pimpin sukses, karier Anda pasti akan meroket.
  • Bagi ilmu Anda. Pimpinan yang baik adalah yang mau berbagi ilmu serta pengalaman yang ia peroleh selama bekerja. Untuk apa pelit ilmu toh tujuan utama Anda bekerja adalah sama-sama membangun perusahaan menjadi lebih baik, bukan untuk kepentingan pribadi.
  • Jadi role model yang baik. Sebagai pimpinan tentunya Anda menjadi panutan serta contoh bagi bawahan Anda. Tunjukkan disiplin serta etos kerja yang baik. Selalu bersikap bijaksana dan membuat keputusan yang menguntungkan semua pihak.
  • Beri perhatian pada bawahan. Secara berkala lakukan evaluasi bersama dengan para bawahan Anda. Di sini Anda dapat mendengarkan keluhan mereka juga terima kritikan bawahan sebagai masukan yang baik. Juga sebaliknya, Anda dapat menilai kinerja mereka selama bekerja di bawah kepemimpinan Anda. Kembangkan juga bakat para bawahan, kirim mereka mengikuti training atau workshop. Jika mereka berhasil Anda juga yang akan bangga, Mams.
  • Upgrade tampilan Anda. Jika selama ini Anda cenderung kurang memperhatikan penampilan, kini saatnya Anda mengubah tampilan agar lebih profesional. Menjadi pimpinan pastinya akan membuat Anda lebih dikenal orang banyak serta bertemu klien atau atasan yang lebih tinggi lagi di perusahaan. Tak perlu berlebihan namun Anda harus tampil rapi dan stylish untuk memberi citra yang baik bagi perusahaan maupun diri Anda sendiri. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares