Health

Trik Mengenalkan Makanan Padat pada Si Bayi

By  | 

Mams, saat Si Bayi berusia 6 bulan ke atas sudah waktunya ia mulai mengenal makanan padat selain ASI. Makanan jenis apa saja yang bisa dikonsumsi, dan bagaimana cara mengenalkannya? Smart Mama akan memberikan tip melalui langkah-langkah berikut ya, Mams.

1. Saat Anda mulai mengenalkan makanan padat pertamanya, cobalah membuat bubur nasi yang dicampur sayur dan hati ayam. Bisa juga Anda tambahkan ceker ayam untuk penambah kaldu. Lalu, saring sehalus mungkin. Untuk camilannya, Anda bisa berikan buah pisang yang sudah dihaluskan. Dengan begitu Si Bayi mulai belajar mengenal rasa.

2. Pengenalan makanan sebaiknya dimulai dengan pemberian 1 makanan baru setiap 3 – 4 hari sekali, agar Si Bayi bisa mengenal rasa dan tekstur makanan baru. Selain itu, hal ini juga mengetahui apakah ia alergi pada makanan tertentu. Begitu ada alergi, Mams bisa langsung ganti dengan jenis menu makanan lain.

3. Pada usia 6 bulan ke atas, kenalkan Si Bayi dengan berbagai bentuk potongan makanan  berbeda. Misalnya saat Anda memberi biskuit, sebaiknya jangan dihancurkan agar Si Bayi bisa memegang biskuit dengan jari-jarinya. Makanan tersebut disebut sebagai finger food. Makanan ini bisa berfungsi untuk melatih gerakan tangannya saat memegang dengan menggunakan jari, dan melatih ia belajar memasukkan makanan ke dalam mulutnya.

4. Seiring bertambah usia Si Bayi, Anda bisa mengenalkan makanan bayi  dengan tekstur yang lebih padat selain bubur dan buah-buahan. Anda bisa membuat bubur yang disaring kasar dengan tambahan sayuran seperti wortel dan kentang yang lunak. Tekstur yang berbeda akan mengajarkan bayi untuk menggerakan makanan dengan lidahnya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares