Health

Problema Gigi Saat Hamil

By  | 

Wanita hamil memang rentan terhadap penyakit gigi. Pasalnya, saat hamil janin dalam kandungan Anda ikut mengambil kalsium dalam tubuh Sang Ibu. Sehingga area tulang dan gigi yang juga butuh kalsium tinggi sering terkalahkan. Selain itu, saat wanita hamil bermasalah dengan giginya, namun tak semua obat gigi aman untuk dikonsumsi olehnya. Nah agar Anda dapat mengatasi problema gigi saat hamil, ikuti pembahasan Smart Mama berikut.

Cegah Sejak Dini
Saat merencanakan kehamilan ada baiknya Anda menyelesaikan dulu permasalahan pada gigi dan gusi. Jika ada yang bolong, tambal terlebih dahulu atau jika ada gigi yang perlu dicabut lebih baik dilakukan secepatnya sebelum Anda dan pasangan merencanakan program hamil. Perhatikan juga asupan Anda sejak dini, biasakanlah mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti bayam, lobak, susu, keju, yogurt, kacang-kacangan, serta jeruk dan pisang. Hal ini dapat dilanjutkan hingga Anda hamil nantinya. Jika dilakukan sejak dini, asupan kalsium Anda akan mencukupi sehingga tidak mengalami nyeri tulang maupun gigi.

Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

1. Obat oles yang mengandung minyak cengkeh serta benzocaine relatif aman untuk wanita hamil jika gigi Anda bermasalah. Cukup oleskan obat tersebut pada bagian yang sakit, biasanya obat oles gigi meresap ke jaringan gusi dan gigi.
2. Kumur dengan air hangat dan garam juga dapat meredakan nyeri pada gigi dan tentunya aman bagi Anda yang mengandung. Lakukan selama satu menit, 3-4 kali sehari.
3. Paracetamol juga relatif aman untuk wanita hamil. Jika nyeri yang Anda rasakan sudah tidak tertahankan, tak ada salahnya Anda mengonsumsi paracetamol sesuai dosis ya Mams.
4. Kompres bagian yang sakit dengan es batu yang sudah dibungkus kain bersih. Penggunaan es batu langsung akan membuat gigi bertambah nyeri. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares