Parenting

Tip Mendidik Anak bagi Single Mama

By  | 

Mengurus, membesarkan, serta mendidik anak jelas bukan perkara mudah, apalagi jika Anda melakukannya sendirian. Agar Mamas dapat berperan sebagai orangtua tunggal dengan maksimal, serta tidak mengalami stres, simak tip dari Smart Mama berikut.

  1. Cari role model. Pada umumnya para single mama merasa khawatir apakah ia bisa mendidik anak dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari role model yang dapat dijadikan inspirasi. Contohnya, Presiden Obama yang dibesarkan oleh single mama, serta kakek neneknya. Atau aktris Julia Roberts yang harus kehilangan Sang Ayah tercinta saat ia berusia 10 tahun. Terbukti kan Mams, seorang single mama bisa juga menghasilkan anak berprestasi.
  2. Cari pekerjaan tepat. Berhubung anak-anak hanya mengandalkan Anda, sebaiknya cari pekerjaan dengan waktu lebih fleksibel. Jika saat ini Anda bekerja dari pagi hingga larut malam, coba bicarakan pada atasan mengenai kondisi Anda, siapa tahu ia bisa mengerti dan mengurangi jam kerja Anda. Jika memilih bekerja freelance, pastikan Anda dapat mengatur keuangan dengan baik, ikutsertakan diri Anda sendiri dan anak-anak dalam asuransi yang dapat menjamin kesehatan serta pendidikan anak-anak di masa depan.
  3. Harus memiliki me time. Cari waktu untuk diri Anda sendiri agar tidak merasa lelah dan stres. Pasalnya menjadi orangtua tunggal menuntut Anda untuk sangat fokus serta mengurus segala sesuatunya sendiri. Hal tersebut menjadikan Anda rentan stres dan tidak memiliki waktu memikirkan diri sendiri. Coba Anda luangkan waktu untuk sekadar bersantai sambil membaca buku atau mendengarkan musik tanpa gangguan siapapun.
  4. Jangan terlalu ambisius. Meskipun peran Anda sebagai single mama memang berat dan menuntut Anda selalu fokus dalam mengerjakan hal apapun, sebaiknya Anda menjalani peran tersebut dengan santai. Tidak perlu menjadi super perfeksionis. Anda kan hanya manusia biasa Mams, jika ada satu dua hal yang harus Anda lewatkan misalnya memasak atau merapikan rumah, tidak ada salahnya jika Anda sesekali membeli makanan di luar atau menunda membereskan rumah di lain hari.
  5. Perkenalkan anak dengan sosok pria. Jika suami Anda meninggal atau mantan suami tinggal di kota lain, dekatkan Si Kecil dengan sosok pria lain seperti ayah Anda atau kakak dan adik pria Anda. Sesekali minta mereka menjemput Si Kecil di sekolah atau sekadar mengajaknya bermain. Hal ini dapat membuat Si Kecil mengenal sosok ayah yang tidak ia miliki.
  6. Puji diri Anda sendiri. Yang satu ini mungkin terdengar konyol ya Mams, tapi tak ada salahnya memberi reward pada diri sendiri saat Anda merasa Anda telah mendidik Si Kecil dengan benar. Misalnya saat Si Kecil berprestasi di sekolah atau sudah menerapkan pola sopan santun yang Anda ajarkan padanya. Jika bukan Anda siapa lagi yang bisa memuji diri Anda kan Mams.
  7. Selalu membawa kebutuhan Si Kecil. Ke manapun Anda pergi sebaiknya Anda membawa berbagai perlengkapan Si Kecil misanya camilan, pakaian ganti, serta mainan. Sebagai single mama Anda harus siaga kapanpun Si Kecil membutuhkan Anda. Oleh karena itu barang-barang tersebut sangat membantu jika tiba-tiba pengasuh anak Anda tidak datang, Anda harus siap membawa Si Kecil ke manapun Anda beraktivitas. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares