Health

Konstipasi Saat Hamil dan Solusinya

By  | 

Konstipasi atau sembelit merupakan hal wajar yang dialami oleh calon mama. Saya ingat, saya juga merasakan susah buang air besar ini di pertengahan trimester kedua hingga akhir trimester terakhir. Teman saya malah merasakan sembelit sepanjang kehamilan. Lalu apa sih penyebab konstipasi ini? Ternyata, ada beberapa hal lho, Mamas, mulai dari pengaruh hormon progesteron selama kehamilan yang menyebabkan feses menjadi mengeras sehingga sulit dikeluarkan, kurang mengonsumsi makanan berserat dan minum air putih, serta akibat semakin membesarnya rahim. Selain perut yang tidak nyaman karena jadwal buang air besar yang menjadi terganggu, sembelit juga bisa membuat Anda jadi ‘malas’makan karena perut terus terasa begah. Padahal, setiap hari Anda harus rutin mengasup nutrisi bergizi demi kesehatan Anda dan Si Janin, kan. Lantas bagaimana solusi untuk masalah satu ini? Simak tip Smart Mama.

1. Perbanyak konsumsi makanan berserat. Menu wajib yang harus selalu ada dalam piring makan Anda setiap hari adalah sayur dan buah segar, makanan dari gandum utuh seperti roti gandum atau sereal.

2. Penuhi kebutuhan cairan minimal 2 liter sehari. Selain dari air putih, Anda bisa memenuhinya dari air kelapa atau jus buah segar. Segelas air hangat dengan seiris lemon atau jeruk nipis di pagi hari akan membantu melancarkan proses buang air besar Anda.

3. Rutin berolahraga. Ternyata rajin berolahraga juga bisa membantu mengatasi sembelit Anda. Cobalah olahraga yang aman untuk ibu hamil seperti berenang, berjalan santai, atau yoga.

4. Jangan makan terlalu banyak. Daripada makan besar tiga kali sehari, lebih baik Anda makan enam kali sehari namun dengan porsi yang lebih sedikit. Makan terlalu banyak akan membuat perut Anda penuh sehingga makanan lambat dicerna dan ini berpengaruh pada proses ‘pembuangan’.

5. Memiliki jadwal buang air yang teratur. Cobalah untuk memiliki jadwal buang air besar yang tetap setiap hari. Misalnya jika setiap hari Anda harus berangkat kerja pukul 07.00, maka di pukul 06.00 Anda sudah harus mengonsumsi buah dan sayur yang bisa membantu mengatasi melancarkan buang air Anda.

6. Hindari menggunakan obat pencahar. Kadang bila masalah sembelit sudah sulit diatasi, obat pencahar bisa menjadi salah satu alternatif mengatasinya. Namun hal ini tidak berlaku bagi para calon mama. Anda tidak boleh sembarang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang bisa membahayakan janin. Namun bila Anda ingin mengetahui alasan pasti mengapa Anda dilarang minum obat pencahar, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda ya. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

 

 

 

 

Shares