Health

Makanan untuk Calon Mama di Trimester Kedua

By  | 

Trimester kedua dimulai pada minggu 13 hingga 24 kehamilan Mamas. Banyak yang bilang masa ini adalah yang paling menyenangkan karena Anda sudah terbebas dari morning sickness dan napsu makan pun sudah mulai timbul. Jika di trimester pertama, Anda bisa muntah setelah makan apapun, umumnya di trimester kedua ini Anda jadi lebih enak makan. Tapi, Anda tetap tidak boleh sembarangan makan ya. Anda harus tetap memerhatikan asupan nutrisi untuk Anda dan Si Janin. Makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi di trimester kedua ini? Simak daftarnya.

1. Konsumsi banyak makanan berlemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa, serta aneka kacang-kacangan. Berbagai jenis makanan ini tidak hanya baik untuk memberikan energi pada Sang Mama tapi juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

2. Makanan berserat akan membantu mengurangi risiko konstipasi atau sembelit yang kerap terjadi pada calon mama. Makanan ini antara lain beras merah, kacang merah, sayur, dan buah.

3. Makanan yang kaya akan zat besi ini diperlukan lebih banyak daripada di trimester pertama. Makanan tersebut antara lain sayuran berdaun hijau tua, daging merah, kacang lentil, dan aprikot kering.

4. Makanan yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Termasuk di dalamnya adalah makanan yang tinggi kalsium, magnesium, dan vitamin K. Anda bisa mendapatkannya dalam brokoli, seledri, biji labu, bayam, kale, dan dairy products.

5. Konsumsi protein setiap hari. Protein dibutuhkan oleh Anda dan Si Janin khususnya untuk mendukung pertumbuhan tubuhnya. Asupan tinggi protein hewani seperti daging, ikan, ayam, dan telur seharusnya ada dalam menu harian Mamas to be ya. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

 

Shares