Health

Pentingnya Merawat Organ Intim

By  | 

Mamas, ternyata banyak juga lho wanita yang tidak terlalu memerhatikan kesehatan organ intimnya. Padahal hal ini sangat penting lho Mams. Mengapa demikian? Yuk Simak!

Berbeda dengan organ intim pria, vagina Anda memiliki tiga saluran tempat mengeluarkan urine, vagina, serta anus. Letak ketiganya sangat berdekatan, saat dua saluran lain mengeluarkan kotoran, organ intim Anda harus bebas dari kuman apapun atau steril.
Selain itu, Miss V Anda relatif ‘terbuka’ sehingga bakteri lebih mudah masuk ke area vagina. Dalam behubungan intim, Anda juga sangat tergantung pada bagian tubuh pasangan yang belum tentu higienis. Misalnya saat buang air kecil, pasangan Anda tidak terlalu sempurna membersihkan Mr. P-nya, bakterinya dapat mudah berpindah ke area intim Anda.
Oleh karena itu, pelajari benar cara merawat Miss V Anda dengan tepat sebagai berikut:

  • Bersihkan dengan benar. Caranya basuh organ intim Anda dengan air hangat dari arah depan ke area belakang untuk menghindari masuknya kuman dari area anus ke organ intim Anda. Hindari penggunaan sabun ya Mams, cukup air bersih saja.
  • Aware akan perubahan. Segera kenali jika ada perubahan pada Miss V Anda, misalnya jika mengeluarkan cairan yang tidak biasa atau berbau kurang sedap.
  • Hindari penggunaan panty liners. Pemakaian panty liner secara terus menerus dapat menyebabkan vagina Anda lembap dan akhirnya berbau kurang sedap. Anda boleh memakainya saat sebelum haid, atau di masa pre menstruasi.
  • Senam kegel. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari, gerakannya seperti menahan buang air kecil. Hal ini bisa memperkuat otot pada pelvis Anda.
  • Perhatikan pemilihan underwear. Pilih celana dalam berbahan sejuk seperti katun agar Miss V Anda mudah bernapas.
  • Bersihkan vagina sebelum dan sesudah bercinta. Meskipun sudah terbakar gairah, sempatkan diri untuk buang air kecil dan basuh organ intim Anda sebelum beraksi panas dengan pasangan. Setelahnya juga begitu, hal ini dapat meminimalisasi terjadinya infeksi di vagina Anda. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Sent from my iPhone

Shares