Beauty & Style

Q&A : Atasi Masalah Stretch Marks

By  | 

Q : Saat ini kehamilan saya tengah memasuki trimester ketiga. Di area perut mulai muncul guratan stretch marks yang tentu saja sangat menganggu. Biasanya jika sudah tidak tahan, saya seringkali menggaruknya. Bagaimana saya harus mengatasi ini?
Erika, 30 tahun, hamil 7 bulan

A: Pada trimester akhir, biasanya ibu hamil mulai mengalami stretch marks atau peregangan kulit. Sebaiknya hindari dengan cara menggaruk karena akan membekas menjadi guratan-guratan yang tidak sedap dipandang mata. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut :

Memilih pakaian longgar. Pakaian berbahan katun juga dapat menjadi pilihan tepat terutama saat cuaca panas.

Kompres perut dengan kain lembap dan dingin, karena bisa membantu mengurangi rasa gatal pada perut.

Olesi perut dengan lidah buaya. Lidah buaya dipercaya dapat mencegah rasa gatal dan memberi efek dingin pada kulit, sehingga kulit yang meradang akan segera terasa lebih nyaman.

Oleskan perut dengan olive oil. Kandungan yang terdapat pada olive oil dipercaya dapat melembapkan dan menghaluskan kulit. Cukup oleskan sedikit olive oil ke bagian perut secara merata usai mandi.

Pakailah sisir tumpul untuk menggaruk bagian gatal pada perut. Untuk menghindari luka, garuk perut yang tertutup pakaian atau kain sehingga tidak langsung mengenai kulit. (Yosi Avianti/LD/Photo:Istockphoto.com)

Shares