Health

Makanan untuk Bantu Ringankan Batuk

By  | 

Hampir semua dari kita pasti pernah terserang batuk yang membandel. Rasanya tidak enak deh, Mamas. Jika tenggorokan sudah terasa gatal maka biasanya Anda jadi sulit untuk mengontrol batuk. Dan anehnya, bagi sebagian orang batuk ‘nakal’ ini sulit disembuhkan meskipun sudah minum obat. Nah, bila Anda termasuk orang yang sering batuk dan tak manjur mengonsumsi antibiotik, ada baiknya Anda kembali ke hal natural. Misalnya dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut yang bisa membantu meringankan batuk Anda.

1. Anggur. Baik yang berwarna merah, hijau, maupun kehitaman, anggur ternyata berkhasiat untuk membantu meringankan batuk. Anggur juga berfungsi sebagai pencair dahak yang efektif. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara membuatnya menjadi jus dan mencampurnya dengan madu.

2. Bawang putih. Merupakan salah satu bumbu dapur yang bersifat antibakteri dan antimikroba yang bisa membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus beberapa suing bawang putih dan minum air rebusannya atau Anda bisa memakannya langsung secara mentah.

3. Cuka apel. Ini merupakan solusi untuk beberapa masalah kesehatan, termasuk batuk. Campurkan dua sendok makan cuka apel dalam 240-300 ml air. Anda juga dapat mencampurnya dengan air hangat dan madu untuk memberi rasa nyaman di tenggorokan.

4. Jus lidah buaya. Campuran lidah buaya dan madu juga merupakan salah satu alternatif obat alami yang membantu menyembuhkan batuk, lho. Coba buat sendiri ya, Mamas.

5. Jahe. Bumbu dapur lain yang juga memiliki khasiat menyembuhkan batuk adalah jahe. Kupas bersih jahe, cuci, lalu iris tipis-tipis dan rebus dengan beberapa cangkir air. Minum rutin sehari dua kali untuk membantu mengatasi tenggorokan gatal, batuk yang terus-menerus, hingga dahak yang sulit dikeluarkan.

6. Susu hangat dengan madu. Campuran bahan ini merupakan obat mujarab untuk batuk kering. Bila Anda rutin mengonsumsinya sebelum tidur malam, Anda bisa tidur dengan nyenyak karena tak akan terganggu dengan batuk yang kerap muncul tengah malam. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares