Health

Makanan untuk Calon Mama di Trimester Ketiga

By  | 

Trimester ketiga dimulai begitu kandungan Anda memasuki bulan ke-7 atau minggu ke-25. Di trimester terakhir ini, perut Anda akan semakin membesar, seiring dengan pertumbuhan Si Calon Bayi yang juga membesar. Oleh karena itu, di masa ini Anda membutuhkan nutrisi yang berguna untuk mendukung perkembangan janin di dalam kandungan Anda, Mamas to be. Berikut beberapa jenis makanan yang disarankan untuk banyak Anda konsumsi di trimester ketiga ya.

Salmon
Perkembangan otak janin berkembang sangat pesat di trimester terakhir kehamilan. Untuk mendukung hal ini, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3. Dan salmon adalah makanan yang berkandungan omega 3, termasuk di dalamnya DHA yang sangat tinggi, yang baik untuk perkembangan sel-sel otak janin. Manfaat lain omega 3 adalah mencegah kelahiran prematur dan bisa menurunkan risiko kelahiran pre eklampsia. Pilih ikan salmon segar, lalu panggang dengan bumbu favorit Anda. Atau bila ingin praktis, baluri dengan sedikit garam, lada, dan minyak zaitun lalu panggang.

Telur
Sama dengan salmon, telur juga memiliki manfaat terbaik bagi fungsi otak janin. Telur memiliki kandungan kolin yang berperan penting dalam proses pematangan sel otak janin, mecegah cacat tabung saraf janin, dan bisa mengoptimalkan fungsi memori dan kemampuan otak dalam belajar dan berpikir. Jadikan telur sebagai menu wajib Anda dengan menyajikannya sebagai scrambled eggs atau merebusnya sampai betul-betul matang ya.

Sayur dan Buah
Konstipasi atau sembelit adalah masalah umum yang biasa dialami ibu hamil. Untuk mengatasinya, Anda harus mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur mayur ya. Selain berkandungan serat yang tinggi sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan, sayur dan buah juga mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imun Si Janin. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

 

 

 

Shares