Mind

Tip Atasi Rasa Takut Melahirkan

By  | 

Mamas to be, menjelang kelahiran Si Kecil, wajar saja jika Anda merasa takut menghadapi proses persalinan. Apalagi banyak cerita menakutkan seputar proses tersebut, ditambah lagi ketakutan akan komplikasi atau bayi Anda bermasalah setelah dilahirkan. Semuanya bercampur aduk sehingga Anda merasa tak tenang dan terus khawatir menjelang proses persalinan. Nah, agar Anda dapat mengatasi rasa takut menghadapi persalinan, ikuti tip dari Smart Mama berikut. Siapa tahu dapat meredakan ketegangan Anda ya.

  1. Gali pengetahuan. Semakin banyak Anda mendapatkan info tentang proses melahirkan, maka Anda akan semakin tenang saat menghadapinya. Cari info sebanyak mungkin ya Mams, melalui dokter kandungan Anda, internet, maupun belajar dari pengalaman keluarga dan teman.
  2. Nikmati kehadiran keluarga dan sahabat. Kehadiran pasangan, orangtua maupun sahabat menjelang proses melahirkan akan sangat membantu Anda lebih relaks. Hindari pembicaraan seputar proses melahirkan, lebih baik Anda dan mereka berbincang santai dengan topik yang sedang hangat, atau membicarakan tentang kehidupan sehari-hari.
  3. Mandi air hangat. Air hangat dapat membuat otot Anda lebih relaks lho Mams. Oleh karena itu, dengan sendirinya pikiran Anda juga akan lebih santai dan mengurangi rasa panik yang melanda.
  4. Doa. Doa maupun meditasi juga dapat membantu menenangkan pikiran Anda, ajak pasangan berdoa bersama Anda. Saat Anda merasa lebih dekat dengan Tuhan, hati pun pasti lebih tenang dan pasrah menghadapi proses persalinan.
  5. Pikirkan tentang Si Kecil. Daripada terus-terusan merasa khawatir, lebih baik Anda memikirkan hari-hari indah yang akan Anda jalani bersama Si Kecil setelah ia lahir nanti. Hal ini akan membuat Anda tidak sabar bertemu dengannya dan bersemangat untuk segera melahirkan.
  6. Laihan relaksasi. Hal ini sebaiknya sudah Anda lakukan sejak kehamilan memasuki trimester tiga. Latihan relaksasi dapat membuat tubuh Anda terbiasa dan otomatis akan bekerja saat proses persalinan. So, ada baiknya menjelang trimester tiga Anda mulai mencari kelas senam hamil yang biasanya diadakan di rumah sakit bersalin. Rumah sakit umum juga kerap membuka kelas tersebut.
  7. Tumbuhkan rasa percaya diri. Jika begitu banyak mama yang bisa melewati proses ini, mengapa Anda tidak? Yuk tumbuhkan rasa percaya diri sehingga Anda pasti bisa melaluinya dengan baik kok Mams.
  8. Mendengarkan musik. Buka playlist dan segera putar musik kesukaan Anda. Mungkin terdengar sepele ya Mams, tapi lagu favorit bisa menambah semangat serta menenangkan pikiran Anda lho. Apalagi jika Anda ikut bernyanyi, dapat membantu melepas emosi serta ketegangan yang Anda rasakan.
  9. Think positive. Selalu berpikir positif dan optimis ya Mams, hilangkan pikiran buruk Anda mengenai kisah ‘seram’ saat melahirkan. Ketahui ya Mamas, bahwa kebanyakan komplikasi atau ketidaknormalan dalam kehamilan sebetulnya sudah bisa dideteksi sejak dini sehingga jika ditangani Sang Ahli hal tersebut pasti dapat diatasi.

Good luck, Mamas! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares