Education

Sekolah untuk Bayi, Perlukah?

By  | 

Belakangan ini, institusi pendidikan yang membuka kelas untuk bayi dari usia enam bulan banyak bermunculan dan peminatnya cukup banyak. Kelas yang dibuka juga beragam mulai dari kecerdasan motorik kasar dan halus, kelas musik, maupun art. Sebenarnya apa manfaat kelas tersebut untuk Si Bayi? Apakah ada perbedaan tumbuh kembang antara bayi yang sudah sekolah dengan yang tidak? Yuk simak pembahasan Smart Mama berikut.

Perlukah Si Bayi Sekolah?

Sebetulnya hal ini kembali lagi pada kondisi di rumah Anda. Jika Anda ibu bekerja dan situasi di rumah sepi, tak ada salahnya mengikutsertakan anak Anda di kelas bayi. Selain situasi lebih ramai dan fun baginya, Si Kecil juga dapat bermain dengan teman sebayanya. Di sini, anak Anda juga akan belajar berbagi, bergaul, serta memahami norma sosial.

Selain itu, sekolah sejak dini juga dapat mengembangkan serta memupuk rasa percaya diri pada anak, karena pada umumnya mereka dilatih bisa tampil di muka umum. Dan biasanya sekolah bayi juga mengajarkan anak untuk lebih mandiri, misalnya dilatih mengambil barang sendiri atau jika sudah lebih besar dilatih untuk toilet training lebih cepat dibandingkan dengan baby sitter di rumah. Umumnya baby sitter akan lebih melayani secara fokus, sehingga anak lebih bergantung padanya.

Manfaat lain dari sekolah sejak dini adalah anak akan terlatih untuk terstimulasi dengan permainan edukatif sehingga Si Kecil terbiasa dengan angka, bentuk, serta bahasa. Dan pada umumnya, sekolah untuk bayi kerap mengadakan program story telling yang sangat baik bagi anak untuk memaksimalkan potensinya.

Cara Memilih Sekolah Bayi yang Tepat

1. Jarak yang dekat. Sebaiknya pilih sekolah untuk Si Kecil yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah, sehingga ia masih semangat beraktivitas di sekolah.

2. Pengajar yang ramah. Hal ini juga penting lho Mams, pastikan pengajar anak Anda memang mengerti cara menangani anak-anak, dan friendly. Kalau tidak, bisa-bisa Si Kecil justru merasa stres di sekolah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda trial dulu ya Mams baru menentukan pilihan sekolah.

3. Fasilitas dan sarana sekolah. Fasilitas lengkap bisa dijadikan pertimbangan agar tumbuh kembang Si Kecil lebih maksimal, namun perhatikan juga kebersihannya ya Mams.

4. Materi pendidikan. Si Bayi tentu tak perlu belajar yang terlalu berat, pastikan saja materi yang diberikan lebih banyak bermain dan bersosialisasi.

Pendidikan Sekolah Vs Rumah

Sebetulnya tidak bisa dilihat mana yang lebih baik antara pendidikan di sekolah dengan di rumah. Jadi tidak bisa dibilang bayi yang sekolah tumbuh kembangnya sudah pasti lebih baik dengan yang tidak sekolah. Semuanya kembali lagi ke pola pengasuhan Anda, karena pada dasarnya pendidikan yang dilakukan di sekolah bisa juga Anda terapkan di rumah. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares