Finance

Trik Belanja Online

By  | 

Belanja online memang praktis dan biasanya penawaran harganya juga sangat menggoda. Namun jika kurang berhati-hati, Anda bisa tertipu atau justru malah lebih boros. Agar belanja online Mamas tetap aman dan nyaman, yuk ikuti trik dari Smart Mama.

  • Pastikan website yang Anda pilih kredibel. Sebelum memutuskan berbelanja di sebuah website, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kredibilitas website tersebut. Bila perlu tanya pada teman dan kerabat apabila mereka pernah berlanja di situs yang bersangkutan. Jika ragu, sebaiknya jangan diteruskan ya Mams.
  • Pelajari juga situs-situs yang tidak aman. Biasanya para pelanggan akan berbagi pengalaman buruk berbelanja online di berbagai media. Yuk cari tahu situs mana yang tak aman, agar Anda tidak tertipu.
  • Bandingkan harga. Meskipun sudah sangat menyukai atau membutuhkan produk yang Anda temukan di sebuah situs. Tak ada salahnya jika Anda membandingkan harga produk yang sama di situs lain, siapa tahu ada yang menjual lebih murah kan Mams.
  • Teliti harga. Harga murah memang sangat menggiurkan, tapi teliti lebih lanjut harga pajak serta ongkos kirimnya dan jumlahkan dengan seksama. Bisa jadi setelah dijumlahkan harganya akan lebih mahal daripada membeli langsung.
  • Cara pembayaran. Jika memungkinkan, cara teraman belanja online adalah dengan cara cash on delivery (COD), tetapi situs tempat Anda berbelanja tidak menyediakan fasilitas tersebut, gunakan kartu kredit karena Anda akan memiliki bukti yang kuat. Penerbit kartu kredit tentunya akan merekam transaksi yang Anda lakukan. Hal ini dibutuhkan sebagai bukti jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Transaksi dengan cara transfer juga bisa Anda lakukan sih Mams, asalkan situs berbelanja Anda benar-benar sudah ternama.
  • Aman setelah transaksi. Setelah melakukan pembayaran, segera sign out ya Mams, dan matikan pc atau laptop Anda. Jangan sampai ada penjahat cyber yang memanfaatkan situasi dan mengambil alih transaksi Anda.

Happy shopping, Mamas!  (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares