Interior Design

Tip Hemat Renovasi Rumah

By  | 

Mams, Anda dan suami berkeinginan merenovasi rumah karena sudah banyak kerusakan di sana sini? Mulai dari cat dinding mengelupas, genteng bocor, hingga tembok yang mulai retak. Tentu saja semua ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit bukan? Nah, agar pengeluaran untuk renovasi tidak membengkak, pelajari tip berikut ini ya Mams.

1. Siapkan dana. Sebaiknya siapkan dana lebih daripada dana yang pas dengan hitungan Anda, karena biasanya muncul biaya – biaya tak terduga. Jika dana Anda kurang, tentu saja dapat menghambat pekerjaan renovasi. Namun tidak ada salahnya juga Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahlinya sehingga semuanya sesuai dengan budget renovasi Anda.

2. Model renovasi. Model renovasi sangat berpengaruh dengan biaya yang akan Anda keluarkan nantinya. Renovasi bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu renovasi rumah sebagian dan renovasi rumah total. Renovasi sebagian artinya Anda hanya ingin mengecat sebagian ruang, perubahan tata ruang, menambah bagian rumah, atau bisa juga mengubah letak kamar. Sedangkan renovasi total bisa dicontohkan seperti jika Anda telah membeli perumahan type 36 kemudian ingin merombaknya secara total. Maka biaya yang dikeluarkan bisa lebih dari pembangunan awalnya karena adanya pembongkaran terlebih dahulu. Baiknya, pertimbangkan dahulu sebelum Anda merombaknya secara total supaya terjadi penghematan alias dana yang dikeluarkan tidak begitu besar.

3. Menentukan bahan bangunan. Jika budget sangat terbatas maka Anda bisa menggunakan bahan bangunan yang memiliki kualitas sedang atau bisa juga memakai barang bekas. Apabila kita pintar memilih barang bekas maka barang tersebut akan berkualitas baik. Tapi ada yang perlu Anda perhatikan yaitu menggunakan bahan- bahan yang benar – benar berkualitas misalnya pada penggunaan pondasi rumah, struktur rumah, rangka atap, dan pipa air yang ditanam. Jika pada bahan pembuatan tersebut berkualitas jelek maka suatu hari terjadi kebocoran terpaksa akan melakukan pembongkaran dan pastinya membutuhkan dana lagi. Kemudian untuk cat luar rumah sebaiknya juga menggunakan yang berkualitas karena di luar akan sering terkena hujan dan matahari serta lembapnya udara.

4. Pembayaran pekerjaan renovasi. Sistem pembayaran renovasi biasanya terbagi menjadi dua macam yaitu borongan dan harian. Untuk Anda yang sudah memiliki pikiran matang dan konsep renovasi yang jelas, alangkah baiknya pilih pembayaran dengan sistem borongan yang akan lebih menghemat pengeluaran. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares